Depok (ANTARA News) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan, belum ada konfirmasi tentang kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke perguruan tinggi itu.

"Sampai saat ini saya tidak tahu kepastian apakah Obama jadi pidato di UI atau tidak," kata Gumilar menjawab pertanyaan ANTARA, di Depok, Rabu.

Menurut dia, perkuliahan di kampusnya masih berjalan normal dan tidak ada rencana untuk meliburkan mahasiswa terkaitan kedatangan Obama.

"Aktivitas kampus masih berlangsung normal seperti biasa," katanya.

Ia mengatakan, Presiden Obama merupakan tamu negara, sehingga segala persiapan dilakukan oleh negara bukan oleh pihak kampus.

"Kampus ini kan milik negara, saya tidak punya otoritas untuk menyampaikan keterangan yang belum pasti," katanya.

Namun Gumilar mengaku siap menyambut kedatangan Obama apabila hal itu benar terjadi.

"Jika Obama jadi datang, saya bersyukur," katanya.

Sementara itu, Polres Metro Depok menyatakan siap mengerahkan 160 personel untuk mengamankan kedatangan Presiden AS Barack Obama di kampus UI.

"Personel tersebut akan mengamankan sebanyak 16 pintu masuk UI dengan masing-masing 10 personel," kata Kapolres Metro Depok Kombes Fery Abraham.

Ia mengatakan, sebanyak satu kompi juga akan dikerahkan untuk membantu pengamanan Obama. Menurut dia, personel dari Polres Metro Depok termasuk dalam penjagaan ring II.

"Penjagaan langsung Presiden Barack Obama tetap menjadi tugas Departemen Pertahanan AS serta Polri," katanya. (*)

F006/s018

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010