Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Achmad Sutjipto berharap, 59 atlet yang diturunkan di Asian Games XVI di Guangzhou China, 12-27 November, bisa memetik sembilan medali bagi Merah Putih.

"Pengertian sembilan medali yang akan direbut tim dayung nasional di Guangzhou nanti bisa berbentuk medali emas, perak dan perunggu. Namun pada intinya saya berharap atlet dayung yang jumlahnya besar mampu mengumpulkan sembilan medali bagi kontingen Indonesia," ujar Achmad Sutjipto di Jakarta, Kamis.

Sutjipto mengatakan, olahraga dayung yang ada di kawasan Asia sulit untuk diprediksikan apa yang akan direbut oleh seorang atlet baik dari nomor kayak, kanowing atau rowing. Semua itu karena persaingan yang ada saat ini semakin ketat dari berbagai negara di kawasan Asia.

Sebagai Ketua Umum PB PODSI, katanya, sudah jelas menginginkan atletnya meraih keberhasilan di multi event Asia. Namun semua itu harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada selama atlet menjalani pelatnas maupun latihan uji coba.

Upaya meraih prestasi optimal, jelasnya, seorang atlet harus dipersiapkan seoptimal mungkin. Begitu juga dengan adanya sarana dan prasarana yang ada. Bila semua itu hanya keterbatasan yang ada, maka keberhasilan di suatu multi event tidak dapat dipaksakan pada atlet.

Namun sebagai masyarakat dayung paparnya, sudah jelas atlet yang turun di Asian Games XVI nanti diharapkan mampu meraih prestasi semaksimal mungkin, guna mengibarkan bendera Merah-Putih di Guangzhou nantinya.

Tiga nomor yang diikuti atlet nasional dari 15 medali emas yang diperebutkan, Indonesia berpeluang ukir emas di nomor 1000 m dragon boat di putra maupun di putri. Di putri tantangan terberat datang dari China dan Filipina. Sedang di putra adalah Myanmar, China juga Phiilipina.

Pada nomor 500 m dragon boat putra-putri Indonesia diharapkan mampu meraih medali perak setelah mendapat tantangan kuat dari China, Filipina dan Myanmar. Namun tidak menutup kemungkinan di nomor tersebut tim Merah-Putih bisa menyodok medali perak menjadi emas. Semua itu tergantung ketangguhan dan kekompakan 20 atlet yang akan turun di dalamnya.
(A032/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010