Mitra Tokopedia perluas jangkauan, dukung kemajuan UMKM se-Indonesia

Mitra Tokopedia perluas jangkauan, dukung kemajuan UMKM se-Indonesia

Ilustrasi aplikasi Mitra Tokopedia. (ANTARA/Tokopedia)

Jakarta (ANTARA) - Menyambut Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang jatuh pada 12 Agustus, Tokopedia melalui Mitra Tokopedia terus fokus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional termasuk warung, toko kelontong, dan usaha sejenis di tengah pandemi.

"Selama hampir tiga tahun, Mitra Tokopedia membantu jutaan pegiat usaha tradisional dalam melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia," kata Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo dalam keterangan resminya pada Kamis.

Baca juga: Hakteknas, Tokopedia tawarkan elektronik lokal murah berkualitas

Karina menambahkan, jumlah kota dan kabupaten yang dijangkau Tokopedia Mitra meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dua tahun terakhir, termasuk di antaranya Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal, dan Banjarmasin.

Melalui Mitra Tokopedia, pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha di tengah pandemi melalui beragam fitur antara lain fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital, hingga fitur Catat Hutang.

Mitra Tokopedia juga meluncurkan fitur baru, yaitu fitur Pembayaran Penerimaan Negara yang dapat membantu masyarakat untuk membayar pajak dan penerimaan negara seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Surat Berharga Negara (SBN), Pajak Online, Bea Cukai, hingga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui warung.

Mitra, sebutan bagi para pegiat usaha tradisional yang menggunakan Mitra Tokopedia, dapat merasakan berbagai dampak positif. Berdasarkan riset Tokopedia pada Oktober 2020, 5 dari 10 Mitra dapat memiliki tabungan tambahan dan hampir 80 persen Mitra meraih keuntungan lebih dari dua kali lipat.

Erni yang menjadi Mitra Grosir di Palembang sekaligus berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, dan token listrik sejak 2019 mengatakan, omset penjualannya naik hingga dua kali lipat sejak bergabung di Mitra Tokopedia.

"Penghasilan dari warung bisa saya gunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, menyekolahkan anak, hingga bantu orang tua," kata Erni.

Sementara Patria Ismalinda yang baru bergabung sebagai Mitra Digital di Papua pada 2021 mengatakan, Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan dan membuat omsetnya meningkat hampir dua kali lipat.

"Apalagi di masa pandemi, pusat dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja dan sekolah dari rumah," ujar Patria.

Karina berharap akan lebih banyak profesi di Indonesia termasuk para pemilik warung yang memanfaatkan teknologi digital, salah satunya lewat ekosistem Mitra Tokopedia.

"Tentunya agar mereka selalu relevan dengan perkembangan zaman," tutupnya.



Baca juga: Sambut HUT ke-12, Tokopedia kian gencar dukung digitalisasi UMKM lokal

Baca juga: Rekomendasi 5 "game" lokal seru

Baca juga: Tahapan penting "design thinking" ala Tokopedia

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara daftar jadi mitra pemerintah di Kartu Prakerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar