Jakarta (ANTARA News) - Kno reader berlayar ganda diharapkan sampai pada pasar pendidikan dengan meniru notepad dan ebook reader.

Kno berharap menyaingi iPad dengan meluncurkan komputer bergaya tablet yang ditujukan pada pelajar.

Perangkat yang tersedia dalam model layar tunggal dan ganda, bisa digunakan sebagai ebook reader dan untuk mencatat dan menambah catatan dosen, sebagaimana untuk mengorganisir jadwal sekolah dan universitas serta menjaga proyek-proyek pada jalurnya.

Reader Kno tahap awal memiliki layar 14 inci, dan akan dijual dengan harga kira-kira 599 dolar di Amerika Serikat. Harga itu 100 dolar lebih mahal dari iPad. Versi layar ganda juga menampilkan layar 14 inci dan akan berharga 899 dolar. Keduanya didukung touch input, dan menggunakan sistem operasi Linux.

Osman Rashid, chief executive Kno, mengatakan bahwa tablet memungkinkan siswa menghemat ribuan dolar.

"Saat anda mengerjakan matematika, itu sebenarnya upah untuk itu sendiri. Itu menghemat 1.300 dolar untuk biaya buku pelajaran digital," kata Rashid seperti dikutip Telegraph.

Perangkat itu mendukung Flash dan HTML5 untuk "browsing", sebagaimana video playbak HD (high definition), dan rekaman musik dan audio. Para pengguna bisa menavigasi menu dan teks input menggunakan jari atau "stylus."

Steve Jobs, chief executive Apple, belum lama ini mengatakan bahwa iPad membuktikan diri populer dikalangan pebisnis sebagaimana pada konsumen. Perangkat itu diharapkan menjadi salah satu kado penjualan terbesar Natal ini.

Lusinan pembuat komputer tablet berebut membuat produk saingan iPad, dengan sistem operasi Google Android platform yang populer dengan konsumen perusahaan-perusahaan elektronik.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010