Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan bahwa pimpinan Polri harus bersikap tegas terhadap jajarannya yang telah teledor dan berani memberikan kesempatan kepada terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan meninggalkan rumah tahanan.

Menurut Marzuki kepada pers di Jakarta, Kamis, Gayus adalah saksi kunci dalam kasus pajak, karena itu keselamatannya harus benar-benar dijaga.

"Gayus itu seharusnya dijaga benar-benar. Jangan sampai kejadian seperti kemarin terjadi lagi, karena biar bagaimanapun Gayus adalah kunci untuk membongkar mafia pajak dan makelar kasus yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat," katanya.

Menurut dia, kalau terjadi apa-apa padanya Gayus, bisa mempersulit pembongkaran kasus pajak yang lebih besar lagi.

Marzuki mengaku tidak habis pikir bagaimana aparat kepolisian begitu teledor mengeluarkan Gayus.

Dia meminta agar Kapolri benar-benar bisa menuntaskan kasus ini.

Menurut dia, seluruh aparat yang melepaskan dan juga kemungkinan menjadi pelindung atau pejabat kepolisian yang memerintahkan harus diproses dan dipecat.

Menurut Marzuki, selama ini kasus seperti ini terjadi secara sistemik karena selalu dibiarkan.

"Ini penting agar semuanya diproses, dihukum dan dipecat dari kepolisian untuk memberikan efek jera," katanya.

Menurut dia, patut dipertanyakan mengapa seorang terpidana bisa menyogok dan bermain seperti yang dilakukan Gayus.

"Saya juga minta oleh karena itu agar seluruh rekening maupun deposit dan kekayaan Gayus dibekukan, agar dia tidak lagi bisa bermain-main seperti ini. Kapolri juga jangan takut menghadapi mafia-mafia hukum yang ada di lingkungan polri," katanya.

(S023/S018/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010