Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Ratusan pemohon pembuat kartu tenaga kerja memadati Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya di Jalan Adi Sucipto.

"Bisa dilihat sendiri, antusias masyarakat yang akan membuat kartu kuning atau kartu tenaga kerja, sebagai persyaratan administrasi pendaftaran CPNS cukup tinggi, sampai-sampai mereka rela berjejal," kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kubu Raya, J Sinurat di Sungai Raya, Senin.

Menurutnya, jumlah pembuat kartu kuning tersebut memang lebih ramai dari hari sebelumnya.

"Kalau hari biasa kita melayani sekitar 50 pemohon baru atau perpanjangan, pagi ini saja sudah ada 200 lebih yang membuat atau memperpanjang kartu kuning" ujarnya.

Ia menjelaskan, tahun ini kartu AK 1 atau kartu kuning, menjadi salah satu syarat yang harus dilampirkan para pelamar.

Pihaknya memang belum bisa menghitung berapa jumlah pelayanan hari ini yang telah dilakukan. Sebab, ada yang membuat baru ada juga yang memperpanjang.

Di sisi lain, Sinurat menambahkan Dinsosnakertrans juga menjadikan para pembuat kartu AK 1 menjadi basis data Pemkab Kubu Raya.

"Artinya, angka tenaga kerja atau pengangguran terbuka yang membutuhkan pekerjaan terdaftar di pemerintahan, kalau ada yang diterima nantinya, tentu kita lakukan pengurangan," ujar Sinurat.

Namun, yang jelas, ia menegaskan bahwa pelayanan pembuatan maupun perpanjangan kartu AK 1 di Dinsosnakertrans Kubu Raya sama sekali tidak dipungut biaya.

"Kalau ada keluhan, langsung saja lapor ke kami, itu akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk peningkatan kinerja," jelas Sinurat. (ANT-171/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010