Jakarta (ANTARA) - Indonesia resmi membuka Konsul Kehormatan RI di Constanta, Romania, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI.

Duta besar RI untuk Romania dan Republik Moldova Amhar Azeth menyerahkan Surat Keputusan Presiden RI kepada Konsul Kehormatan RI di Constanta Emil Sirbu, menandai resmi dibukanya Konsul Kehormatan di kota tersebut pada Selasa (17/8).

Dalam keterangan tertulis KBRI Bucharest yang diterima di Jakarta, Rabu (18/8), dikatakan bahwa Konsul Kehormatan RI di Kota Constanta juga merangkap sejumlah wilayah lain di Romania, termasuk Tulcea, Braila, Galati, Giurgiu, Vaslui, Vrancea, Ilfov, dan Prahova.

Kehadiran perwakilan Indonesia di Constanta itu diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan bilateral RI dan Romania, baik di bidang ekonomi, hubungan antarmasyarakat, maupun bidang-bidang lain yang memiliki potensi untuk digali lebih lanjut.

Selain itu perwakilan tersebut juga diharapkan dapat memfasilitasi masuknya produk-produk asal Indonesia ke pasar Eropa, terutama di kawasan Eropa Timur dan sebaliknya.

Constanta, sebagai kota pelabuhan di Romania, terletak sekitar 227 kilometer ke arah timur dari ibu kota Romania, Bucharest.

Sebaliknya, Indonesia juga dikatakan dapat menjadi jembatan bagi Romania dalam rangka memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Peresmian Konsul Kehormatan tersebut turut disaksikan oleh pejabat tinggi terkait di Romania, termasuk State Secretary of the Ministry of Development, Public Works and Administration Mihai Lupu dan Wali Kota Constanta Vergil Chitac.

Acara peresmian diselenggarakan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut, kedua negara menyajikan hidangan kuliner khas masing-masing negara untuk dinikmati oleh para tamu undangan.

Di sela-sela acara, para tamu undangan juga menikmati sajian pergelaran budaya oleh para seniman Romania, meliputi pentas tari Bali, gamelan, serta tari Poco-Poco dan Maumere.


Baca juga: Indonesia-Rumania kerja sama untuk penempatan tenaga kerja terampil

Baca juga: Rumania tawarkan pelabuhan akses masuk pasar UE


 

Babel bahas kerja sama investasi dengan Rumania

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021