Guangzhou (ANTARA News) - Duet pedayung Sarce Arunggear/Rasima menjadi satu-satunya pedayung Indonesia yang langsung masuk babak final nomor kayak dua (K-2) putri 500 meter Asian Games XVI/2010 di International Rowing Center Guangzhou, Senin.

Sementara itu pedayung Indonesia lainnya seperti di kayak dua (K-2) 1.000 meter, cano single putra 200 meter dan kayak single 200 meter, kalah pada babak awal sehingga harus mengikuti babak semifinal.

Berlomba pada kayak dua 500 meter, Sarce/Rasima finish di peringkat kedua dengan catatan waktu satu menit 56,237 detik.

Peringkat pertama nomor itu duet Shinabu Kitamoto/Osumi Imura (Jepang) 1:44.642 dan peringkat kedua Yoo Mi Na/Shin Jin Ah (Korsel) 1:52.487.

"Duet Sarce/Rasima bertanding bagus hari ini, diharapkan bisa menembus medali minimal finish di peringkat ketiga. Lawannya memang berat namun peluang masih ada, kuncinya dari motivasi bertanding setelah naik ke final," kata Pelatih Kepala Tim Dayung Indonesia, Muhammad Suryadi.

Namun pada nomor kayak single 200 meter putri, Sarce hanya finish di urutan keempat, sehingga harus berjuang di semifinal untuk tampil di final nomor itu. Pada penyisihan kayak single 500 meter, ia finish dengan catatan waktu 48,030 detik.

Pedayung China Zhou Y, Sergeyeva (Khazakstan dan Fakhir Motamedi (Iran) lolos langsung ke final pada nomor itu.

Perjuangan harus dilewati dari babak semifinal juga dialami Silo yang turun di katak single 200 meter setelah hanya mampu finish di peringkat ke-6 serta Tara Anwar di kelas cane single 200 meter.

"Mudah-mudahan pada semifinal besok mereka tampil lebih baik, kita berat di nomor ini, tapi mudah-mudahan saja ada yang bisa tembus peringkat ketiga," kata Suryadi.

Tim Dayung Indonesia sebenarnya berharap pada nomor kano dua (C-2) 1000 meter yang diawali oleh Eka Oktarianus dan Anwar Tara.

"Cano dua (C-2) 1.000 meter, Eka dan Anwar memiliki catatan bagus, mereka langsung masuk final. Mudah-mudahan saja bisa menembus medali, minimal di peringkat ketiga," kata pelatih tim dayung Indonesia itu menambahkan.
(S033/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010