Banjir rendam seribuan rumah di Katingan Kalteng

Banjir rendam seribuan rumah di Katingan Kalteng

Ilustrasi banjir. ANTARA/Ridwan Triatmodj

Kasongan, Kalteng (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Roby mengatakan banjir yang terjadi beberapa hari ini merendam ribuan rumah, khususnya di Kecamatan Sanaman Mantikei dan Katingan yang merupakan lokasi terparah banjir saat ini.

"Terdata banjir di Kecamatan Sanaman Mantikei merendam 207 rumah di lima desa dan di Kecamatan Katingan Tengah sebanyak 1.678 rumah di enam desa/kelurahan," kata Roby di Kasongan, Selasa.

Roby menerangkan banjir juga mulai merambah Kecamatan Pulau Malan. Kondisi ini diperkirakan akan berdampak ke Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kamipang.

Baca juga: Ribuan warga Aceh Timur terdampak banjir

Sementara banjir di wilayah Kecamatan Katingan Hulu dan Kecamatan Marikit sudah surut dan normal. Masyarakat mulai membersihkan rumah mereka dan mulai kembali beraktivitas.

"Atas peristiwa banjir ini, Pemerintah Kabupaten Katingan telah memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir," jelas Roby.

Selain itu, lanjutnya, untuk menjaga keamanan kondisi di lokasi banjir, pemerintah daerah juga mendirikan posko-posko banjir.

Roby menjelaskan pada Selasa pagi, Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang berkunjung ke sejumlah tempat yang terdampak banjir. Kunjungan kerja ini untuk melihat langsung kondisi di lokasi banjir, sekaligus menyalurkan bantuan untuk korban banjir di sejumlah kecamatan.

Bantuan itu akan disalurkan di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei dan Katingan Hulu.

Turut dalam kunjungan kerja tersebut Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit Mayor Inf Supriyanto, Kepala Dinas Sosial, Elmon Sianturi dan Kepala Dinas Kesehatan dr Robertus Pamuriyanto serta pejabat lainnya.

"Laporan yang saya terima, Wabup Sunardi NT Litang saat ini berada di Kecamatan Pulau Malan. Beliau telah memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada pak Camat Pulau Malan guna mengurangi beban warga terdampak banjir," demikian Roby.

Baca juga: Wako Pontianak ingatkan warga potensi pasang tertinggi air sungai
Baca juga: Banjir landa sejumlah wilayah di Gunung Mas Kalteng

Pewarta: Kasriadi/Fernando
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG ingatkan kewaspadaan banjir Kalteng bagian utara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar