Formula 1

Yuki Tsunoda berbenah agar lebih konsisten di paruh kedua musim F1

Yuki Tsunoda berbenah agar lebih konsisten di paruh kedua musim F1

Pebalap tim AlphaTauri Yuki Tsunoda di sesi jumpa pers jelang Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest. (29/7/2021). ANTARA/Pool via Reuters/Florion Goga.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Jepang Yuki Tsunoda menggambarkan penampilannya sebagai rookie Formula 1 sangat tidak konsisten dan ingin berbenah ketika kompetisi bergulir kembali di Belgia akhir pekan ini setelah jeda musim panas usai.

Sang pebalap tim AlphaTauri menjadi salah satu rookie yang paling diantisipasi musim ini, namun setelah menjadi pebalap Jepang pertama yang mencetak poin di debut F1 di Bahrain, Tsunoda mendapati hasil tak konsisten dengan empat poin finis saja dari 10 balapan berikutnya.

Paling tidak dia membantu AlphaTauri menjadi satu-satunya tim yang selalu mencetak poin dari 11 balapan di paruh pertama musim 2021, selain rekan satu timnya Pierre Gasly yang tampil lebih stabil.

"Paruh pertama musim secara keseluruhan sangat menarik dan menyenangkan, banyak hal yang tidak disangka bagi saya," kata Tsunoda dikutip laman resmi tim, Selasa.

"Itu tidak sesuai dengan apa yang saya pikirkan sebelum musim mulai. Banyak naik dan turun dan waktu itu performa saya sangat tidak konsisten."

Baca juga: Tsunoda ingin buat gebrakan dengan gaya membalapnya ketika debut di F1
Baca juga: Gasly siap pimpin tim AlphaTauri dan bimbing Tsunoda


Setelah GP Hungaria, Tsunoda menjajal simulator di fasilitas tim Red Bull di Milton Keynes, Inggris, untuk melakukan korelasi untuk Hungaroring dan tiga trek tuan rumah balapan berikutnya.

Ia juga mengisi jeda musim panas membenahi rumah barunya yang terletak di dekat pabrikan di Feanza, Italia.

Tsunoda telah memiliki pengalaman di sejumlah sirkuit ikonik F1 dalam kariernya termasuk Imola dan Silverstone.

Akhir pekan nanti Tsunoda akan mempersiapkan diri untuk satu lagi trek klasik di F1 dan menguji ketrampilannya melibas Sirkuit Spa-Francorchamps, di mana ia menikmati kesuksesan di kategori junior.

"Senang rasanya kami mulai balapan lagi di Spa, karena saya memiliki kenangan sangat indah dengan trek ini. Tahun lalu di Formula 2, saya menangi Feature Race dari pole position dan tahun sebelumnya di Formula 3, ini adalah sirkuit di mana saya meraih podium perdana saya di kategori tersebut," Tsunoda melanjutkan.

"Saya menyukai trek ini, jadi saya menantikannya dan saya kira ini akan menjadi salah satu sirkuit yang terasa spesial di dalam mobil Formula 1 untuk pertama kalinya.

"Akan menarik khususnya melihat bagaimana mobil F1 melaju di Eau Rouge."

Tsunoda saat ini menghuni peringkat 13 klasemen dengan 18 poin, sedangkan Gasly di peringkat delapan dengan 50 poin.

Baca juga: F1 umumkan penghargaan baru untuk "overtaking"
Baca juga: F1 batalkan GP Jepang tahun ini

Baca juga: Bos Ferrari senang dengan progres Mick Schumacher di F1

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar