New York (ANTARA News/AFP) - Wall Street meluncur dari keuntungan ke kerugian dalam sebuah perjalanan "rollercoaster" pekan ini, di tengah kekhawatiran tentang zona euro, ketegangan di semenanjung Korea dan di tengah liburan Amerika Serikat.

"Pasar saham AS mengalami perdagangan ringan minggu ini karena hari libur Thanksgiving, tetapi perdagangan volatile (rapuh) akibat kekhawatiran geopolitik," kata analis dari Briefing.com

Dow Jones Industrial Average turun satu persen untuk seminggu, sedangkan indeks S & P 500 turun 0,7 persen.

Perdagangan minggu ini didominasi oleh berita bahwa Irlandia telah menyetujui 114 miliar dolar "bailout" (dana talangan) dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF), dalam menghadapi biaya pinjaman yang tidak berkelanjutan.

Publik memfitnah bailout mendorong pemerintah untuk menyerukan pemilu awal tahun depan, dan nasib dari sebuah paket reformasi yang menyertai tetap dalam keseimbangan.

Pedagang awalnya tampak mengambil berita bailout dengan tenang, tetapi karena meningkatnya kekhawatiran bahwa krisis bisa menelan Portugal dan bahkan Spanyol -- salah satu ekonomi terbesar di Eropa -- pedagang mengurangi eksposur risiko.

Itu memukul beberapa bank dengan eksposur besar ke Eropa.

Saham Barclays yang diperdagangkan di AS jatuh lebih dari tujuh persen selama seminggu.

Bank-bank Eropa UBS, Deutsche Bank, Credit Suisse dan Royal Bank of Scotland mereka juga terlihat harga saham mereka di AS jatuh.

Bank AS menderita lebih sedikit, tetapi tidak kebal. Saham Morgan Stanley jatuh 3,5 persen dan Citigroup dan Bank of America juga terpukul.

Saham AS juga berjuang melawan meningkatnya ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Dalam salah satu insiden perbatasan paling serius sejak tahun 1950, Korea Utara menembakkan puluhan peluru artileri ke atau sekitar sebuah pulau Korea Selatan di dekat perbatasan Laut Kuning yang disengketakan, menewaskan dua marinir dan dua warga sipil serta membakar puluhan rumah.

Sebuah proyeksi suram oleh Federal Reserve bahwa ekonomi AS akan tumbuh jauh lebih lambat dari perkiraan sebelumnya pada tahun depan lebih lanjut menyentak perdagangan.

Risalah dari pertemuan The Fed pada November, di mana anggota memutuskan untuk memperbarui pembelian aset besar dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian, menunjukkan pertumbuhan akan menjadi sekitar setengah persentase poin kurang dari yang diharapkan tahun ini dan pada 2011.

Prakiraan yang diajukan pada pertemuan menunjukkan bahwa prediksi pertumbuhan "anemia" (kekurangan darah) telah dipangkas menjadi 2,4-2,5 persen tahun ini dan 3,0-3,6 persen tahun berikutnya.

Tapi karena konsumen mulai meningkat untuk musim liburan peritel mendapat dorongan dari berita tentang belanja konsumen yang meningkat dan pasar pekerjaan yang membaik.

Berita positif datang dari pasar pekerjaan, dimana klaim awal pengangguran AS turun lebih dari yang diperkirakan pada minggu lalu sebesar 34.000 dari minggu sebelumnya menjadi 407.000, cenderung menurun stabil dalam beberapa pekan terakhir.

Laporan lain menunjukkan hasil dan pengeluaran konsumen AS lebih banyak pada Oktober, meningkatkan harapan menjelang musim belanja liburan yang biasanya dimulai pada "Black Friday" setelah libur Thanksgiving, Kamis.

Berita itu menyebabkan Dow naik lebih dari 150 poin pada Kamis, meskipun banyak kenaikan yang berumur pendek.

Minggu berakhir dengan cemoohan pada Jumat karena Dow jatuh 95 poin dalam perdagangan yang dipersingkat hari itu.

Tetapi saham teknologi diuntungkan dari suasana optimis, dengan Nasdaq naik 0,7 persen untuk seminggu.

Amazon adalah salah satu penerima utama, dengan sahamnya meningkat lebih dari tujuh persen. Saham EBay naik hampir tiga persen.

Ketahanan peritel akan diuji minggu depan ketika hasil pertama penjualan pertama akhir pekan diketahui. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010