5.471 warga binaan di Sulsel sudah divaksin

5.471 warga binaan di Sulsel sudah divaksin

Suasana vaksinasi COVID-19 kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lingkup Rumah Tahanan Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO-Humas Rutan Makassar/am.

Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto mengatakan sebanyak 5.471 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di 24 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Dari jumlah 10.500 orang lebih warga binaan di Sulsel, sudah menghampiri enam ribuan yang divaksin. Artinya sudah diatas 50 persen capaian vaksinasinya," kata Harun di Lapas Kelas I Gunungsari Makassar, Jumat.

Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini dilakukan mulai di Lapas Kelas I Gunungsari Makassar, Lapas Takalar, dan Lapas Bulukumba, sedangkan untuk vaksinasi lanjutan di Rutan Makassar pada Sabtu.

Baca juga: Ratusan WBP di Lapas Perempuan Bali ikuti vaksinasi tahap I dan II

Dari jumlah enam ribuan warga binaan yang sudah menjalani vaksinasi, kata dia, tercatat ada enam Rutan capaian vaksinasinya mencapai 90 persen, yakni Rutan Pinrang, Malino, Watansoppeng, Sidrap, Sinjai, dan Bantaeng.

Program kebut vaksinasi yang dicanangkan pemerintah juga menjadi bagian dari ikhtiar Kemenkumham dalam memutus penyebaran COVID-19, utamanya dalam Rutan maupun Lapas di Sulsel.

Baca juga: Kanwil Kumham DKI catat 14.437 warga binaan telah divaksin

Ia pun mengingatkan bagi seluruh warga binaan diwajibkan tetap taat menjalankan protokol kesehatan COVID-19, mengenakan masker, rajin mencuci tangan, tidak berkerumun, memperbanyak makan untuk meningkatkan imunitas, serta paling penting memperkuat ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Prokes tetap menjadi hal utama dan kita lakukan itu dalam lingkungan Rutan maupun Lapas di Sulsel. Alhamdulillah, saat ini semua dalam keadaan aman terkendali berkaitan dengan kesehatan warga binaan kita," papar Harun.

Baca juga: Vaksinasi warga binaan di Rutan Salemba capai 97 persen

Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemda kabupaten kota, TNI, Polri yang selama ini telah membantu melakukan vaksinasi kepada WBP.

Rencananya, dia akan menemui Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam untuk mendukung pemenuhan vaksinasi 100 persen bagi warga binaan guna membentuk herd immunity di lingkup pemasyarakatan.

 
Suasana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO-Humas Rutan Makassar.




Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi, menyebut, sejauh ini tercatat sebanyak 5.471 orang WBP Lapas dan Rutan di Sulsel sudah menjalan vaksinasi. Sebanyak 2.283 orang WBP telah divaksin dosis pertama dan 3.188 orang WBP telah divaksin dosis kedua (lengkap).

Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Lapas Takalar Bawono Ika Sutomo mengatakan, untuk jumlah vaksinasi di wilayah kerjanya, sebanyak 238 orang WBP dan empat orang pegawai Lapas Takalar telah divaksin dosis pertama bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar dan Polres Takalar.

"Hari Jumat ini, Dinkes Takalar akan menurunkan tiga tim vaksinator untuk melanjutkan vaksinasi kepada 390 WBP lagi," tambah Bawono.
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar