Tokyo (ANTARA News/AFP) - Jepang akan mengirim utusan tertinggi soal Korea Utara ke China Selasa, tempat dia akan bertemu dengan timpalannya dari China Wu Dawei, kata kementerian luar negeri.

"Akitaka Saiki, kepala biro Asia dan Oseania, akan berkunjung ke China dari Selasa dan bertukar pandangan dengan Wu Dawei, perwakilan khusus bidang Semenanjung Korea," kata kementerian tersebut dalam pernyataannya.

Sementara itu kantor berita Nikkei Senin mengabarkan bahwa Menlu Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan akan bertemu di Washington pada 6 Desember untuk membicarakan krisis dengan Korea Utara.

"Sumber-sumber dekat dengan masalah itu" mengatakan, ketiga negara tersebut mengharapkan untuk mendorong China agar menggunakan pengaruhnya untuk mengekang sekutunya, komunis Korea Utara, yang telah melancarkan serangan artileri mematikan terhadap sebuah pulau di Korea Selatan pekan lalu.

Ketiga negara itu juga akan membicarakan usul China untuk mengadakan pertemuan puncak enam-pihak yang telah berupaya untuk mengekang program nuklir Korea Utara. Rusia dan Korea Utara adalah bagian dari kelompok itu.

Di Washington, seorang pejabat Gedung Putih menolak untuk memastikan pertemuan itu, dan hanya mengatakan bahwa AS telah berkonsultasi dengan Korea Selatan, Jepang dan mitra lainnya "untuk membangun jalan ke depan mengenai situasi Korea Utara. (AK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010