Formula 1

Kecelakaan di FP2, Leclerc gunakan sasis cadangan Ferrari di Spa

Kecelakaan di FP2, Leclerc gunakan sasis cadangan Ferrari di Spa

Pebalap Ferrari Charles Leclerc menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Belgia, Sirkuit Spa-Francorchamps. (27/8/2021) (ANTARA/REUTERS/JOhanna Geron)

Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc akan menggunakan sasis cadangan Ferrari untuk dua hari terakhir Grand Prix Belgia menyusul kecelakaan yang ia alami di latihan bebas pada Jumat.

Leclerc kehilangan kendali mobil SF21-nya dan menyenggol pembatas di Tikungan Malmedy Sirkuit Spa-Francorchamps dengan 20 menit tersisa di FP2 sehingga bendera merah dikibarkan.

Bos Mattia Binotto menggambarkan insiden itu sebagai kesalahan kecil dan berharap mereka bisa memperbaiki kerusakan tepat waktu.

Akan tetapi, pada Sabtu pagi, Ferrari mengatakan kerusakan yang mereka dapati tidak bisa diperbaiki dalam waktu singkat.

Baca juga: Verstappen tercepat di FP2 sebelum kecelakaan di pengujung sesi
Baca juga: Red Bull perpanjang kontrak Perez untuk musim 2022


Tim kemudian membangun sasis baru pada Jumat malam untuk digunakan Leclerc mulai sesi latihan ketiga dan seterusnya, demikian laman resmi Formula 1.

Sang pebalap Monako sempat menjadi yang tercepat keempat di sesi latihan pagi sebelum mengakhiri sesi FP2 di peringkat ke-18.

Setelah empat pekan jeda, Formula 1 kembali bergulir di paruh kedua musim diawali dengan Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps akhir pekan ini.

Hamilton tiba di Belgia dengan keunggulan delapan poin atas Max Verstappen di klasemen pebalap.

Upgrade yang dibawa Mercedes di GP Inggris membantu tim Silver Arrow kembali ke puncak klasemen konstruktor namun tim rival Red Bull tak bisa diremehkan.

Baca juga: Latifi kemungkinan bertahan di Williams musim depan
Baca juga: F1 umumkan penghargaan baru untuk "overtaking"


Bottas kemungkinan tak akan menjadi pengganggu di balapan Minggu nanti setelah sang pebalap Finlandia mendapat penalti mundur lima posisi start menyusul insiden tabrakan di lap pertama GP Hungaria.

Spa memiliki lap terpanjang di kalender dan juga salah satu yang tercepat ketika para pebalap mampu melaju dengan kecepatan rata-rata 230kpj, melibas Eau Rouge dengan kecepatan 300kpj dan bisa mencapai kecepatan 315kpj di Blanchimont.

Lima pebalap di grid saat ini pernah menang di Spa, mereka adalah Kimi Raikkonen (2004, 2005, 2007, dan 2009), Hamilton (2010, 2015, 2017, 2020), Sebastian Vettel (2011, 2013, 2018), Daniel Ricciardo (2014) dan Charles Leclerc (2019).

Tahun ini penyelenggara mengizinkan 75.000 penonton per harinya di Spa karena pembatasan terkait Covid-19, setelah balapan digelar tertutup tahun lalu.

Ricciardo akan menjalani Grand Prix ke-200 sepanjang kariernya di F1 akhir pekan ini sementara Hamilton bertekad mengejar kemenangan ke-100 dalam kariernya.

Baca juga: Tabrakan beruntun di Spa, sejumlah pebalap W Series dilarikan ke RS
Baca juga: Tabrakan beruntun di Spa, sejumlah pebalap W-Series lolos dari cedera

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar