Ambon (ANTARA News) - Juara Indonesia Idol 2010 Elicohen Cristelgo Pentury yang akrab disapa Igo Idol dikukuhkan oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menjadi duta Maluku.

Pengukuhan Igo Idol sebagai duta Maluku dilakukan oleh Ralahalu bertepatan dengan penyelenggaraan seminar "Th 3rd Fealac Outreach Program" yang dihadiri Duta Besar (Dubes) Argentina untuk Indonesia, Javier.A. Sansz Urquis, Dubes Peru untuk Indonesia Juan Alvans Vita serta sejumlah diplomat dari Singapura dan Brazil, di Ambon, Rabu.

Menurut Ralahalu pengukuhan Igo sebagai duta Maluku memiliki arti penting bagi daerah ini di masa mendatang, mengingat keberadaannya sebagai publik figur dan idola khususnya di dunia musik dan hiburan.

Gubernur Ralahalu berharap Igo dapat memanfaatkan posisinya sebagai jawara ajang pencari bakat paling populer di Indonesia, Indonesian Idol, untuk mempromosikan berbagai potensi sumber daya alam yang ada di daerah ini, sehingga semakin dikenal luas di tanah air.

"Saya berharap Igo dapat memanfaatkan predikat baru sebagai duta Maluku untuk mempromosikan berbagai potensi kekayaan daerah ini terutama sektor pariwisata, sehingga berdampak bagi meningkatnya investasi di masa mendatang. Mudah-mudahan melalui Igo orang semakin mengenal Maluku," katanya.

Igo pada kesempatan tersebut menyatakan siap mengemban tugas baru sebagai duta untuk memperkenalkan daerah ini baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

"Ini tanggung jawab moral saya untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat di Maluku," katanya.

Menurut Igo, Maluku kaya akan sumberdaya alam tetapi potensi tersebut belum sepenuhnya dikelola secara optimal bagi kesejahteraan masyarakat.

"Promosi harus terus dilakukan tidak hanya bidang pariwisata tetapi kebudayaan, pendidikan dan ekonomi, sehingga orang semakin mengenal Maluku dan tertarik melakukan investasi di berbagai bidang di daerah ini," ujarnya.

Dia juga berharap, generasi muda di daerah ini dapat bekerja keras meningkatkan kemampuan diri, sehingga mampu bersaing di berbagai bidang, termasuk mengikuti jejaknya sebagai juara di ajang pencarian bakat sekelas Indonesian idol maupun di event internasional lainnya. (ANT-184/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010