Bogor (ANTARA News) - Habib Nauval, Sabtu, di Bogor mengatakan, sudah saatnya umat Islam menjadikan tahun Hijriyyah sebagai kalender penanggalan, karena sistem penanggalan tersebut memiliki sejarah perjalanan Islam.

"Penanggalan dengan menggunakan sistem kalender Hijriyyah juga lebih relevan, karena menggunakan perputaran bulan dalam menghitung hari dalam setahun," papar Habib Nauval saat  tausiah pada tablig akbar refleksi akhir 1427 Hijriyyah yang digagas Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orwilsus Bogor.

Lebih lanjut Habib Nauval mengajak umat Islam menjadikan pergantian tahun Hijriyyah sebagai momentum menuju "hijrah" atau perubahan ke arah yang lebih baik.

"Pergantian tahun Hijriyyah harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas hijrah," ujar pemimpin Pesantren An-Nur Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor itu.

Sementara penceramah lain, KH Khoddamul Quddus menyebut pergantian tahun Hijriyyah hendaknya menjadi ajang meningkatkan kualitas amal dan kesalehan sosial.(*)

ANT/A014/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010