Bogor (ANTARA News) - Ketua Dewan Penasehat Majelis Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Assidiqie, Selasa di Bogor mengatakan, aparat harus konsisten dalam melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Aparat penegak hukum harus konsisten dalam memberantas korupsi," kata Jimly Assidiqie dalam diskusi dengan wartawan di sela-sela Muktamar ke-V ICMI di IPB International Convention Center (IICC) Kota Bogor, Selasa.

Menurut mantan ketua Mahkamah Konstitusi, semua aparat penegak hukum harus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam memberantas korupsi sebagai upaya penegakan supremasi hukum.

"Penegakan supremasi hukum merupakan prasyarat mutlak bagi tegaknya demokrasi," tegas Jimly Assidiqie.

Lebih lanjut Jimly Assidiqie mengutarakan, semua aparat penegak hukum harus efektif dan profesional dalam bekerja.

"Aparat penegak hukum jangan larut dalam wacana," tutur Jimly Assidiqie.

Jimly Assidiqie meyakini bila semua aparat penegak hukum bekerja efektif dan profesional, penegakan supremasi hukum akan berjalan dengan baik.

Dengan begitu, ketika supremasi hukum berjalan dengan baik, maka demokrasi pada gilirannya akan terbangun dengan baik pula.

Luaran yang diharapkan dari penegakan supremasi hukum dan pengembangan demokrasi yaitu berupa terwujudnya keadilan dan meningkatnya kesejahteraan bangsa.

Oleh karena itu, tutur Jimly, ICMI akan terus mendorong agar para aparat penegak hukum dapat meningkatkan kinerjanya dalam mewujudkan supremasi hukum, sehingga dapat meretas jalan bagi terwujudnya peradaban masyarakat madani. (ANT/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010