Bogor (ANTARA News) - Dari 26 nama calon presidium yang diajukan peserta Muktamar V Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Bogor, Selasa dinihari, ternyata hanya 11 nama calon presidium yang menandatangani kesediaan dicalonkan.

Ke-11 nama calon yang menyatakan secara tertulis dan menandatangani kesediaan untuk dipilih adalah Ilham Akbar Habibie, Marwah Daud Ibrahim, Sugiharto, Nanat Fatah Natsir, Azyumardi Azra, TA Sani, Priyo Budi Santoso, Zoer Aini, dan Zulkifli Hasan.

Pimpinan sidang pleno menetapkan 11 nama calon presidium tersebut sekitar pukul 02.51 WIB setelah sempat ditunda karena harus menunggu pernyataan dari calon presidium yang dikirimkan melalui faksimile.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang tidak bisa hadir dalam arena Muktamar untuk menandatangani secara langsung formulir kesediaan karena harus mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali, menandatangani kesediaan dan mengirimkan kepada panitia melalui faksimile.

Nama Hatta Rajasa yang sebelumnya muncul sebagai salah satu calon dari 26 nama calon ternyata tidak lolos dalam 11 nama calon sehingga dari Presidium periode 2005-2010 tinggal tiga nama yang kembali masuk menjadi calon presidium yakni Marwah Daud Ibrahim, Nanat Fatah Natsir, dan Azyumardi Azra.

Ilham Akbar Habibie merupakan putra dari pendiri dan Ketua Umum ICMI BJ Habibie, Sugiharto merupakan mantan Menteri Negara BUMN dan tercatat sebagai Wakil Ketua Panitia Pelaksana Muktamar V ICMI, sedangkan Priyo Budi Santoso saat ini juga menjabat Wakil Ketua DPR-RI.

Sesuai tata tertib pemilihan presidium, lima nama yang memperoleh suara terbanyak akan menjadi presidium dan satu nama yang paling banyak memperoleh suara akan menjadi ketua tim formatur untuk menyusun kepengurusan tingkat pusat. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010