San Francisco (ANTARA News) - Research in Motion Ltd (RIM) menyebutkan bahwa piranti lunak berbentuk tablet akhirnya akan menemukan cara untuk masuk daftar ponsel pintar di bawah bendera BlackBerry.

Co-CEO RIM Mike Lazaridis, Rabu, mengatakan bahwa platform yang digunakan pada tablet buatannya, Playbook, juga membidik ponsel pintar masa depan yang dijalankan prosesor multi-core yang lebih kompleks.

"Dengan fokusk pada pasar tablet, kami melihat satu peluang untuk bebas di mana ponsel pintar dapat beroperasi," katanya dalam konferensi "D: Dive Into Mobile."

"Tatkala kami memiliki prosesor-prosesor multi-core di papan, semua itu akan menghidupkan platform Playbook," kata Lazaridis.  Namun dia menolak mengatakan kapan itu akan sampai di ponsel-ponsel pintar BlackBerry.

RIM meluncurkan Playbook 7 inci pada kuartal pertama 2011 untuk menjawab tantangan dominasi iPad milik Apple.

Lazaridis juga memuji kompabilitas Flash pada PlayBook yang adalah sikutan telak terhadap iPad yang tak mengoperasikan program atau situs web berbasis Flash.

"Kami semua menggunakan Flash...mengapa kami tak boleh berharap pada tablet-tablet untuk mengoperasikan Flash?" katanya.

RIM tak mengungkapkan banderol harga yang disasar untuk PlayBook, namun para analis memperkirakan angka pengirimannya akan berjumlah antara 2 juta sampai 2 juta sampai tahun depan.  (*)

Reuters/AR09

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010