Bengkulu (ANTARA News) - Sebanyak 135 dosen yang mengajar di sejumlah fakultas Universitas Bengkulu pada 2010 ini telah dinyatakan lulus sertifikasi.

Rektor Universitas Bengkulu (Unib) Prof Zainal Muktamar, di Bengkulu, Jumat, mengatakan, dosen Unib yang lulus sertifikasi itu, antara lain dosen FKIP 39 orang, Fakultas Pertanian 37 orang, Fakultas Ekonomi 18 orang, FISIP 14 orang, Fakultas MIPA 13 orang, Fakultas Hukum 10 orang dan Fakultas Teknik empat orang.

"Kita bersyukur kuota sertifikasi yang diberikan ke Unib sebanyak 135 orang, dan dosen yang ikut semuanya lulus sertifikasi," ujarnya.

Bagi dosen yang sudah dinyatakan lulus sertifikasi berhak mendapatkan tunjangan tetap satu bulan gaji setiap bulan. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang ada.

Ia mengatakan, dosen yang sudah lulus sertifikasi akan mendapatkan beban tugas yang maksimal dan segala pekerjaan yang diberikan harus dilaksanakan secara profesional.

Rektor Unib Prof Zainal Muktamar mengatakan, sampai sekarang dosen Unib, dosen do universitas tersebut yang sudah lulus sertifikasi lebih kurang 46 persen dari jumlah tenaga pengajar yang ada.

Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci jumlah dosen yang ada di universitas terbesar di Provinsi Bengkulu itu.

"Yang jelas, sampai sekarang dosen Unib yang sudah lulus sertifikasi sebesar 46 persen. Kita berharap dengan bertambahnya dosen yang lulus sertifikasi, maka kualitas Unib semakin baik di masa mendatang," ujarnya.

Terkait kuota sertifikasi dosen untuk tahun 2011, Prof Zainal Muktamar mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan berapa banyak Unib akan diberikan jatah sertifikasi dosen dari Kemendiknas pada 2011.

"Yang jelas, kita berharap kuota sertifikasi dosen yang diberikan pusat ke Unib dapat meningkat dari tahun 2010, sehingga jumlah dosen yang sudah bersertifikasi terus meningkat," ujarnya. (ANT-212/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010