PON Papua

Persiapan tinju DKI sudah dalam suasana kompetisi jelang PON Papua

Persiapan tinju DKI sudah dalam suasana kompetisi jelang PON Papua

Ilustrasi - Sasana tinju melahirkan sejumlah atlit tinju berprestasi. ANTARA/Abdul Fatah/am.

Jakarta (ANTARA) - Tim tinju DKI Jakarta telah dalam masa suasana kompetisi dalam persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, kata sang pelatih kepala Hugo Gosseling kepada ANTARA, Minggu.

"Kurang dari satu bulan menuju PON, kami fokus ke teknik, terus pemeliharaan kekuatan. Pokoknya semua sudah mengarah ke pertandingan. Berat badan petinju juga kami jaga dan harus sudah ideal. Karena persiapan menjadi prima ketika kondisi fisik dan berat badan seimbang," ujar Hugo Gosseling.

Menurut Hugo, mendekati pertandingan menjaga berat badan menjadi harga mati. Untuk itu, setiap petinju setiap harinya baik sebelum dan sesudah berlatih melakukan timbang badan untuk menjaga tetap dalam kondisi ideal.

Pada PON Papua nanti, DKI Jakarta bakal menurunkan 10 petinju terbaik dengan rincian tujuh putra dan tiga putri. Dari sektor putri, skuad ibu kota menurunkan Novita Sinadia, Ratna Sari Devi, dan Retno Apris Lestarining.

Sementara putra masing-masing adalah Valent Metia, Aldoms Suguro, Jil Mandagie, Matius Mandiangan, Michael Manopo, Vinky Montolalu, dan Hasmar Lubis. Mereka semua berada dalam bimbingan pelatih Hugo dan Adi Fadhly Siregar serta David Kasidi.

Hugo menyampaikan bahwa DKI Jakarta sudah sejak lama melakukan persiapan. Bahkan, sebelum pandemi COVID-19 semua petinju sudah berlatih di HS Boxing Camp yang terletak di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini, Hugo pun mengatakan bahwa adanya pandemi tak menjadi hambatan untuk tetap berlatih. Meski dia juga tak menampil pada awal kemunculan virus corona sempat berdampak pada persiapan.

"Namun seiring berjalan waktu kami pelajari situasi dan kemudian mengambil langkah yang bisa menyelamatkan persiapan, sehingga persiapan tetap jalan," ujar Hugo.

Sejak pandemi COVID-19, Hugo pun mengatakan ada sejumlah program yang terpaksa dibatalkan, seperti try out ke luar negari. Namun tim tinju DKI Jakarta terus berusaha membuat alternatif lainnya untuk bisa tetap mematangkan persiapan.

"Jadi walupun tidak try out, masih ada sparring bersama petinju lainnya baik profesional maupun amatir dari daerah lain. Karena mereka sama terkendala juga. Tapi dengan situasi yang agak longgar, kami semua saling bantu dan support," katanya.

Tim tinju DKI Jakarta untuk PON Papua:
Putri

1. Novita Sinadia - 54 kg
2. Ratna Sari Devi - 57kg
3. Retno Apris Lestarining- 64kg

Putra
4. Valent Metia - 49kg
5. Aldoms Suguro -52kg
6. Jil Mandagie - 56kg
7. Matius Mandiangan - 60kg
8. Michael Manopo - 69kg
9. Vinky Montolalu - 75kg
10. Hasmar Lubis - 91kg

Pelatih
1. Hugo Gosseling
2. Adi Fadhly Siregar
3. David Kasidi


Baca juga: Pertina DKI nilai PON Papua barometer olahraga Indonesia
Baca juga: Pertina DKI sarakan PON XX Papua bergulir tanpa penonton
​​​​​​​
Baca juga: Bali loloskan enam petinju ke PON 2020

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pertina: PON ajang munculnya bibit muda atlet berbakat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar