PON Papua

Tim dayung Jambi bidik tiga emas PON Papua meski tak bawa peralatan

Tim dayung Jambi bidik tiga emas PON Papua meski tak bawa peralatan

Atlet dayung Jambi berlatih di Danau Sipin, Kota jambi sebelum tampil di PON Papuayang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021. ANTARA/Nanang Mairiadi.

Jambi (ANTARA) - Pengprov PODSI Jambi menargetkan tiga medali emas dalam ajang PON XX Papua yang akan digelar pada 2-15 Oktober mendatang walaupun tidak membawa peralatan tanding berupa perahu.

Kabid Binpres Pengprov PODSI Jambi Raden Iqbal mengatakan walaupun tidak membawa peralatan lomba berupa perahu dan hanya membawa pendayung untuk tampil, tim dayung Jambi memiliki beban yang cukup berat, yakni merebut tiga medali emas dari arena lomba Teluk Yutepa, Kota Jayapura. 

"Meski demikian, kita siap mempertahankan dan merebut medali emas karena pada pengalaman babak prakualifikasi PON 2019, cabang olahraga dayung Jambi meraih lima medali emas dan masing-masing dua perak dan perunggu," kata Iqbal di Jambi, Kamis.

Cabang olahraga dayung Jambi pada PON XX di Papua nanti akan mengerahkan 13 atlet dan turut didampingi lima pelatih untuk mengikuti dua nomor canoe, kayak serta rowing putra dan putri.

Untuk mencapai target tersebut, tim dayung Jambi akan berangkat lebih awal ke Papua, yakni pada 16 September untuk penyesuaian arena lomba di Teluk Yutepa, Kota Jayapura, di mana para atlet akan menyesuaikan diri dengan arena tersebut sebelum bertanding. 

Baca juga: KONI Jambi janjikan hadiah uang untuk semifinalis PON Papua 

Nomor lomba canoe akan dimuilai pada 27 September hingga 3 Oktober, sedangkan untuk nomor rowing pada 4-8 Oktober 2021.

Tim dayung Jambi pun berharap masih ada cukup waktu untuk melakukan penyesuaian arena sekaligus menyewa peralatan perahu milik tuan rumah PON Papua nanti. 

"Kami mohon doa dari warga Jambi agar atlet dayung Jambi bisa meraih medali emas di Papua, sesuai target yang ditetapkan KONI Jambi," kata Iqbal yang juga merupakan tim pelatih dayung Jambi, bersama Maryono, Ramdan Deni Prakasa, Roynadi dan Karyadi. 

Para pedayung Jambi yang akan berlomba di PON Papua, di antaranya Riska untuk nomor canoe I (200 meter) dan cano II (500 meter), Devi di canoe II (500 meter), Fuad di canoe II (1.000 meter), Rohim di canoe II (1.000 meter), Romi di kayak II (1.000 meter) dan kayak IV (500 meter), Subhi di kayak II (1.000 meter) dan kayak IV (500 meter), serta Joko di kayak I (1.000 meter) dan kayak IV (500 meter). 

Kemudian Arjun untuk nomor kayak I (200 meter) dan kayak IV (500 meter), serta Zulbakri di canoe I (1.000 meter). Selanjutnya, pada nomor rowing ada Ali untuk nomor single scull (LM1X) jarak 2.000 meter dan double scull (LM2X) jarak 2.000 m, Allib single scull (M1X) jarak 2.000 meter dan double scull (LM2X) jarak 2.000 meter, Mutiara single scull (LW1X) jarak 2.000 meter dan double scull (LW2X) jarak 2.000 meter, serta Endang double scull (LW2X) jarak 2.000 meter. 

Baca juga: Pengamat ingatkan atlet Jambi perkuat mental jelang PON XX Papua 
Baca juga: Jambi targetkan 13 mendali emas di PON XX Papua 

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Apresiasi tak berhenti untuk tim sepak bola putri Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar