Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Persija Rahmad Darmawan mengatakan, Markus Horison masih tetap merupakan kiper nomor satu nasional saat ini setelah tim Indonesia mampu menundukkan Filipina 1-0 pada leg kedua semifinal di ajang AFF Suzuki Cup 2010.

"Meski pun dia melakukan blunder sampai tiga kali, tapi dia masih tetap merupakan kiper nasional nomor satu untuk saat ini. Kita patut memberikan apresiasi karena gawangnya tidak sampai kebobolan oleh Filipina," ujar Rahmad Darmawan ketika dihubungi, Minggu.

Rahmad menilai secara umum Markus Horison dan kawan-kawan telah menampilkan permainan terbaiknya di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan bahkan jauh lebih baik dibanding pertandingan leg pertama semifinal pada Kamis lalu.

Tim Indonesia kembali mencapai kemenangan 1-0 atas Filipina melalui gol hasil tendangan kaki kiri Christian Gonzalez pada menit ke-33.

"Memang seandainya salah satu dari blunder Markus menghasilkan gol lawan, akan menjadi lain ceritanya. Tetapi secara tim sejak awal sampai akhir penampilan Timnas kita memang selayaknya memenangkan pertandingan ini karena mereka tampil lebih baik dibanding sebelumnya," ujar mantan pelatih Sriwijaya FC ini.

Dua kali kemenangan 1-0 atas Filipina sudah mengantarkan tim Merah Putih ke final turnamen dua tahunan ini dan di final akan berhadapan dengan Malaysia.

Mengantisipasi pertandingan final, Rahmad mengingatkan agar Timnas lebih baik melupakan kemenangan besar 5-1 yang pernah diraih Firman Utina dan kawan-kawan atas Malaysia pada putaran penyisihan Grup A dua pekan lalu.

"Lupakan kemenangan besar itu dan jangan diingat-ingat lagi, sebab tim Malaysia saat ini sudah jauh lebih baik karena delapan pemainnya yang cedera sudah pulih. Ada perbaikan besar dalam tim Malaysia saat ini," ujarnya.

Leg pertama pertandingan final pada 26 Desember Timnas Indonesia akan lebih dulu tandang ke Kuala Lumpur. Baru kemudian Indonesia melayani tim negeri jiran di Jakarta pada 29 Desember mendatang.

Mengantisipasi hal itu Rahmad tetap optimistis tim Merah Putih akan tetap prima di Stadion Bukit Jalil karena bakal didampingi oleh banyak suporter warga negara Indonesia yang berada disana.

"Saya kira pemain kita tak akan kekurangan di sisi mental, karena tetap akan mendapat dukungan besar dari para suporter Indonesia yang berada disana. Saya ucapkan selamat buat tim Merah Putih yang berhasil maju ke final," ujar Rahmad Darmawan. (ANT-132/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010