Jakarta (ANTARA News) - Tim Filipina bakal tampil habis-habisan saat berhadapan dengan Indonesia pada leg pertama semifinal AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Kamis mulai pukul 19:00 WIB.

"Kami akan tampil habis-habisan, bahkan kami akan bermain melebihi dari seratus persen. Kami akan tampil sekuat tenaga seperti saat berhadapan dengan Singapura, Vietnam dan Myanmar," ujar pelatih Filipina, Simon McMenemy, saat konferensi pers ofisial kedua tim di Hotel Sultan Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan Menemey karena ia menyadari beratnya tekanan yang bakal dihadapi oleh anak asuhnya ketika harus memainkan laga kandang justru di kandang lawan.

"`This is a stupid situation` (ini sebuah situasi yang sulit -Red) karena kami harus bermain di kandang Indonesia dengan pendukungnya yang sangat banyak," ujarnya.

Menemy mengungkapkan diantara pemain timnya belum ada satu pun yang pernah tampil di hadapan sekitar 80 ribu penonton dengan gambaran situasi yang sudah dipelajarinya melalui rekaman video pertandingan Indonesia sebelumnya.

Filipina memang harus memindahkan tuan rumah laga semifinal pertama yang sebenarnya menjadi hak mereka ke Jakarta setelah Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) melihat Filipina tak memiliki stadion berstandar internasional.

Ketika ditanya tentang siapa pemain dari tim Indonesia yang harus diwaspadai, Menemy menyebutkan justru seluruh pemain Indonesia pantas diwaspadai.

"Kami akan melihat berbagai kemungkinan yang bisa kami lakukan untuk bisa mengalahkan Indonesia. Kami juga tak akan bermain dengan cara bertahan total," ujarnya.

Sementara itu asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal mengungkapkan, seluruh hukuman kartu kuning yang diterima pemain saat penyisihan grup oleh panitia penyelenggara dihapuskan.

Dari Timnas Indonesia hanya ada dua pemain yang telah menerima kartu kuning yakni Firman Utina dan Ahmad Bustomi.

"Ini merupakan peraturan baru, Panitia mengatakan seluruh hukuman kartu kuning yang diterima saat babak penyisihan grup seluruhnya dihapuskan, demikian pula kepada tim semifinalis lainnya," ujar Pikal.

Pada kesempatan itu Pikal mengatakan para pemainnya akan berupaya mematikan pergerakan pemain Filipina bernomor punggung 7 dan 10 yakni James dan Philip Younghusband.

"Kami akan membuat pemain nomor 7 dan 10 tidak bersinar," ujarnya. (ANT-132/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010