New York (ANTARA News/AFP) - Wall Street ditutup bervariasi (mixed) pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah seharian perdagangan cerah, terbebani oleh penurunan tajam saham American Express dan Boeing.

Dow Jones Industrial Average merosot 13,78 poin (0,12 persen) menjadi ditutup pada 11.478,13, sementara S & P 500 indeks, ukuran lebih luas dari pasar, naik 3,17 poin (0,25 persen) menjadi 1.247,08.

Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 6,59 poin (0,25 persen) menjadi 2.649,56.

Komponen indeks Dow Jones, American Express dan Boeing adalah saham paling lamban dalam perdagangan Senin.

Saham American Express merosot 3,4 persen setelah analis Stifel Nicolaus menurunkan peringkat saham perusahaan kartu kredit karena kekhawatiran bahwa reformasi yang direncanakan dalam peraturan sangat bisa memukulnya.

Saham Boeing turun 2,7 persen di tengah laporan segar adanya keterlambatan lebih lanjut dalam peluncuran andalannya Dreamliner 787 yang bisa mengancam kesepakatan besar dengan Qatar Airlines.

"Kesulitan tidak hanya berhenti untuk Boeing," kata analis Gregori Volokhine dari Meeschaert New York.

Dalam seminggu perdagangan yang biasanya tenang dan singkat jelang Natal, saham berfluktuasi sekitar garis datar sepanjang hari.

Kekhawatiran awal atas ketegangan di Semenanjung Korea berkurang setelah Korea Utara mengatakan tidak akan membalas terhadap latihan militer yang dilakukan Korea Selatan di sepanjang perbatasan.

"Tindakan berombak hari ini kemungkinan awal dari apa yang akan menjadi sisa ombak tahun 2010, dengan banyak peserta menutup buku mereka untuk tahun ini dan mengambil liburan," kata analis dari Briefing.com.

Ini akan mengakibatkan lingkungan perdagangan bervolume rendah, dengan beberapa jadwal katalis suku bunga. Dengan demikian, pasar cenderung untuk berdagang pada berita utama dan fluktuasi mata uang," kata mereka.

Dalam berita perusahaan lain, saham Chesapeake Energy melonjak 8,8 persen setelah diberitakan bahwa investor miliarder Carl Icahn telah meningkatkan sahamnya di perusahaan gas alam itu menjadi hampir enam persen.

Saham lelang online eBay turun 0,8 persen setelah mengumumkan akan membeli klub belanja online Jerman brand4friends untuk 200 juta dolar.

Pasar obligasi menurun

Imbal hasil pada obligasi Treasury 10-tahun naik menjadi 3,35 persen dari 3,33 persen pada Jumat, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 4,46 persen dari 4,41 persen. Harga dan hasil obligasi bergerak berlawanan arah. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010