Jenazah WNA Portugal korban kebakaran Lapas Tangerang akan dikremasi

Jenazah WNA Portugal korban kebakaran Lapas Tangerang akan dikremasi

Jumpa pers kasus kebakaran Lapas Tangerang di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Senin (13/9/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Jakarta (ANTARA) - Jenazah warga negara asing asal Portugal bernama Ricardo Ussumane Embalo (51) yang menjadi korban meninggal kebakaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, akan dikremasi.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi (Binapi Latkerpro) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Thurman Hutapea dalam jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Senin, mengatakan, kremasi jenazah Ricardo Ussumane merupakan keputusan dari pihak keluarga korban yang berada di Porto, Portugal.

"Pesan dari sana itu kami dapat akan dikremasi," kata Thurman.

Thurman mengatakan, komunikasi dengan pihak keluarga korban yang berada di Portugal selama proses identifikasi berjalan dengan lancar. Termasuk saat proses pengiriman sampel DNA untuk keperluan identifikasi.

"Terkait pemulasaraan kita sudah berkomunikasi dengan baik dengan duta besar yang bersangkutan buktinya hasil DNA pembanding begitu cepat dikirim ke kita," ujar Thurman.

Baca juga: Besok Polda Metro periksa Kalapas Kelas 1 Tangerang
Baca juga: Delapan jenazah kebakaran Lapas Tangerang berhasil diidentifikasi
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). . ANTARA FOTO/Handout/Bal/aww.
Sementara itu, Sespudokes Polri Kombes Pol Pramujoko mengatakan, proses identifikasi WNA asal Portugal itu berhasil dilakukan setelah Tim Disaster Victim Identification (DVI) mendapatkan DNA pembanding dari ayah korban yang bernama Antonio Embalo.

"Setelah kita cek ternyata jenazahnya cocok dengan nomor PM: 0028.PMJ/RSPOLRI/0015. Jadi jenazah ini teridentifikasi sebagai Ricardo Embalo," ujar Pramujoko.

​​​​​​Tim DVI pada hari ini kembali berhasil mengidentifikasi sebanyak delapan jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang. Total sudah ada 18 jenazah yang telah teridentifikasi dari 41 jenazah yang diidentifikasi di RS Polri Kramat Jati.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Identifikasi jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang berakhir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar