Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor (IPB) membantu Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua dalam mengembangkan budidaya buah merah sebagai komoditas lokal yang kayak dijadikan andalan usaha tani setempat.

Kepala Humas IPB, Henny Windarti, Rabu, di Bogor mengatakan, Institut Pertanian Bogor memiliki komitmen dalam membangun agribisnis di daerah melalui kerjasama baik dengan pemda maupun masyarakat.

"Kami bekerjasama dengan berbagai pemda dalam mengembangkan agribisnis. Dengan Pemda Mamberamo Raya, Papua, kami bekerjasama dalam mengembangkan budidaya buah merah," papar Henny Windarti.

Menurut Henny Windarti, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, memiliki potensi besar dalam pengembangan budidaya buah merah.

"Buah merah dapat dijadikan sebagai komoditas unggulan di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua,"ujar Henny Windarti.

Oleh karena itu, lanjut Henny Windarti, IPB mendorong Pemkab Mamberamo Raya agar mengembangkan komoditas buah merah sebagai keunggulan pertanian daerah setempat.

"IPB dan Pemkab Mamberamo Raya sepakat bekerjasama mengembangkan komoditas buah merah sebagai keunggulan agribisnis setempat," ungkap Henny Windarti.

Kerjasama antara IPB dengan Pemkab Mamberamo Raya, ditunjukkan dengan pelatihan yang digagas bersama oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Mamberamo Raya dengan Center for Research on Engineering Application in Tropical Agriculuture (CREATA) Pusat Pengembangan Ilmu Teknik untuk Pertanian Tropika IPB.

Pada Sabtu, 25 Desember, kedua belah pihak menggagas pelatihan bagi tujuh petani tujuh desa asal Kabupaten Mamberamo Raya dalam budidaya buah merah dengan tema "Teknologi Penangan dan Pengolahan Buah Merah."

Pelatihan tersebut dipusatkan di dua lokasi yaitu kampus IPB Darmaga Balai Besar Industri Agro, Cikaret, Bogor. (*)
(ANT-053/M012/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010