Jakarta (ANTARA News) - Sembilan menteri dan tiga pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian di bawah koordinasi Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono memaparkan program prioritas tahun 2011 di Jakarta, Selasa.

Mereka, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Menteri Sosial Salim Segaf Al Juprie, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh, Menbudpar Jero Wacik, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Menpera Suharso Monoarfa, Menpora Menpora Andi Mallarangeng, Menag Suryadharma Ali.

Kemudian Kepala BNPB Syamsul Maarif, Kepala BPOM Kustantinah, dan Kepala BKKBN Sugiri Syarif.

Menko Kesra Agung Laksono yang memimpin rapat menjelaskan, ada lima bidang prioritas yang menjadi fokus kementerian dan lembaga di bawah koordinasinya pada tahun 2011.

Lima bidang tersebut antara lain pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, lingkungan hidup dan pengelolaan bencana serta kebudayaan, kreativitas dan inovasi teknologi.

"Bidang lingkungan hidup dan pengelolaan bencana pemerintah akan fokus pada intensifikasi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana serta isu mitigasi dan perubahan iklim," katanya.

Di bidang penanggulangan kemiskinan pemerintah akan fokus pada program Raskin, Jamkesmas dan Keluarga Harapan serta Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri dan Kredit Usaha Rakyat.

Dalam bidang pendidikan, pemerintah akan fokus pada pembangunan karakter bangsa dan postur anggaran pendidikan serta komite pendidikan.

Bidang kesehatan, ada penataan kependudukan, revitalisasi keluarga berencana, zoonosis dan pencapaian target MDG`s.

Bidang kebudayaan, pariwisata, kreativitas, inovasi, teknologi, pemuda dan olah raga, pemerintah akan fokus pada pertumbuhan ekonomi kreatif, pelaksanaan Sea Games 2011, Sail Belitong dan Wakatobi serta sidang komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali.

Selain itu pemerintah juga akan meningkatkan penguatan kelembagaan di bidang pencegahan dan penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

(W004/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011