Teheran (ANTARA News/AFP) - Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter melanda provinsi Fars, Iran selatan, Sabtu mencederai 11 orang dan merusak beberapa desa, kata televisi pemerintah di laman internetnya.

Gempa-- kedua melanda provinsi Fars sejak Rabu itu -- menghantam kota Nourabad pukul 15:54 waktu setempat (07:24 WIB), kata laporan itu.

"Sebelas orang cedera, delapan orang dirawat dan dibebaskan," kata televisi pemerintah di laman internetnya mengutip pusat manajemen bencana.

Iran terletak di lokasi yang rentan gempa dan sering dilanda bencana alam itu, banyak diantaranya menimbulkan korban jiwa dan properti.

Pada Rabu 16 orang cedera dan 17 desa hancur ketika gempa berkekuatan 5,3 skala Richter melanda daerah Ardakan, Fars.

Gempa pada 21 Desember di provinsi Kerman, Iran tenggara, menewaskan tujuh orang, menghancurkan beberapa desa dan menyebabkan aliran listrik putus.

Gempa yang paling banyak menelan korban jiwa dalam waktu belakangan ini adalah yang berkekuatan 6,3 skala Richter yang melanda kota Bam, Iran selatan, Desember 2003, menewaskan 31.000 orang -- sekitar seperempat penduduk kota itu -- dan menghancurkan waduk tua kota itu.(*)

(Uu.H-RN/S008/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011