Bandung (ANTARA News) - Dede Koswara (38), penderita penyakit kutil yang dijuluki "manusia akar", batal menjalani operasi Selasa (11/1) karena tim dokter di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS) tengah mempersiapkan diri.

"Operasi Dede akan dilakukan pada Rabu (12/1), rencana awalnya kan memang Selasa besok, tapi hingga saat ini ahli bedah dan ortopedi yang akan mengoperasi Dede masih melakukan koordinasi," kata Ketua Tim Dokter Penanganan Dede, dr Rahmat Dinata, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Senin.

Ia mengatakan, rencana pemberian obat herbal dari ilmuan Jepang untuk Dede si  juga masih dalam proses perizinan dari Departemen Kesehatan.

"Untuk memberian obat herbal dari Jepang itu masih kita tunggu perizinannya dari pusat karena ini obat dari luar tidak bisa asal diberikan begitu saja. Harus ada kajian dan perizinan resmi," ujarnya.

Menurutnya, obat herbal yang akan diberikan kepada Dede ini bisa berupa serbuk atau pun tablet.

Dikatakannya, obat herbal tersebut di negara asalnya telah lulus uji kesehatan dan telah diuji cobakan kepada tikus dan manusia.

"Iya betul, sudah diuji coba ke tikus dan manusia yang memiliki kutil," ujar dr Rahmat.

Enam dokter spesialis akan menangani operasi Dede hingga perawatannya.

Mereka terdiri dari empat dokter bedah plastik serta dua dokter bedah otopedi yang siap mengangkat kutil yang menumpuk di tubuh Dede.

"Untuk dokter bedah ortopedi dilakukan oleh Dokter Mukti Hidayat beserta rekanya," ujarnya.

Pada mulanya, Dede Koswara dijadwalkan kembali menjalani operasi penipisan kutil di kedua telapak tangan dan kakinya sebagai tahap lanjutan pada Selasa (11/1) di RSHS Bandung.

(KR-ASJ/Y003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011