Amsterdam (ANTARA News/Reuters) - Sebuah kereta api yang mengangkut 146 orang penumpang bertabrakan dengan kereta api barang kosong di timur Belanda, Selasa.

Akibat peristiwa itu, rute kereta menuju Jerman lumpuh namun tidak ada laporan korban jiwa maupun luka-luka dalam kecelakaan itu, kata polisi.

Polisi mengatakan, tabrakan kereta penumpang internasional milik Jerman ICE yang dioperasikan perusahaan Deutsche Bahn dengan kereta barang yang kosong itu terjadi di kota Zevenaar, Belanda.

Seorang juru bicara otoritas jaringan kereta api Belanda, Prorail, mengatakan, kecelakaan tersebut melumpuhkan lalu lintas kereta di jalur pengangkutan Betuwe yang menghubungkan Rotterdam di Belanda dengan Jerman.

Kereta yang berjalan di jalur yang berdekatan dengan arah berlawanan itu bertabrakan pada tengah hari dan menggelincirkan beberapa gerbong, kata polisi.

Keyrail, perusahaan yang mengoperasikan rute Betuwe, mengatakan jalur tersebut akan ditutup setidaknya hingga pukul 21.00 waktu setempat (02.00 Rabu dini hari), yang memaksa sejumlah kereta pengangkut lainnya mengambil berbagai jaringan kereta penumpang.

Juru bicara Keyrail Mayke Modderman mengatakan kecelakaan tersebut menunda enam kereta barang yang membawa peti kemas pengangkut kayu dari pelabuhan Rotterdam, tiga lainnya telah diarahkan ke Zwijndrecht, dekat Rotterdam, tempat kereta itu akan bergabung dengan jaringan kereta api campuran.

Keyrail Agustus lalu mengatakan, 57 persen kereta pengangkut barang menggunakan jalur Betuwe, yang dibuka pada triwulan pertama 2008, untuk lalu lintas antara Jerman dan Belanda. (PPT/R013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011