Washington (ANTARA News/AFP) - Badan ruang angkasa dan aeronautika Amerika Serikat (NASA) Kamis mengkonfirmasi bahwa pesawat ruang angkasa Discovery akan mengupayakan peluncuran terakhirnya ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) pada 24 Februari.

NASA juga menyatakan mereka merencanakan tanggal bagi peluncuran pesawat ruang angkasa lainnya, Endeavour, pada April mendatang.

Dua peluncuran terakhir itu secara resmi telah dijadwalkan pada tahun ini, yang dapat diikuti oleh misi ulang-alik sekali lagi jika anggaran memungkinkan. Peluncuran-peluncuran itu akan menandai berakhirnya program ulang-alik ruang angkasa AS.

Discovery, yang sedianya akan meluncur pada November lalu tapi ditangguhkan karena kebocoran pada tanki bahan bakar luarnya, akan berupaya meluncur pada Kamis pukul 16.50 waktu setempat (21.50 GMT) 24 Februari.

Endeavour direncanakan meluncur dari Pusat Ruang Angkasa Kennedy NASA di Florida pada 19 April pukul 19.48 waktu setempat (0048 GMT).

Astronut Mark Kelly dijadwalkan akan memimpin misi Endeavour, dan NASA menolak berkomentar pekan ini mengenai apakah rencana itu masih bertahan.

Istri Kelly, anggota Kongres Arizona Gabrielle Giffords, baru pulih dari luka peluru di kepala ketika seorang pria bersenjata melakukan serentetan tembakan mematikan di sebuah toko grosir, tempat ia bertemu dengan para pemilih. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011