Riyadh (ANTARA) - Astronaut Arab Saudi Rayana Bernawi, Ali Al-Qarni, Mariam Fardous dan Ali Al-Ghamdi tiba di Riyadh pada Sabtu setelah sukses menjalani misi ilmiah yang mereka pimpin di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Setibanya di Bandara Internasional King Khaled mereka disambut Pimpinan Dewan Direktur Badan Luar Angkasa Arab Saudi (SSA), Abdullah Al-Swaha, Kepala Staf Umum Letjen Fayyad bin Hamed Al-Ruwaili, Presiden Kota Sains dan Teknologi King Abdulaziz Munir bin Mahmoud Al-Desouki, Wakil Ketua SSA Mohammed Al-Tamimi serta CEO Rumah Sakit Khusus King Faisal Majid Al-Fayyadh.

Menurut SSA, misi ilmiah tersebut akan memberikan manfaat yang signifikan bagi manusia sekaligus memastikan peran utama dan posisi garda depan Arab Saudi dalam mengeksplorasi ruang angkasa.

SSA juga mengatakan bahwa pencapaian dan kontribusi terpenting dari misi luar angkasa Arab Saudi menjadi sumber kebanggaan untuk negara berkat dukungan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, Perdana menteri dan presiden Dewan Luar Angkasa.

Astronaut Rayana Bernawi dan Ali Al-Qarni kembali ke bumi dari ISS pada 31 Mei. Di sana mereka melakukan 14 eksperimen riset tentang mikrogravitasi, dengan tiga di antaranya adalah riset layang-layang yang melibatkan 12.000 murid sekolah dari 47 lokasi di seluruh wilayah di Arab Saudi via satelit.


Sumber: SPA

Baca juga: Arab Saudi incar produk porang Indonesia
Baca juga: Arab Saudi gunakan teknologi terbaru kartu pintar haji
Baca juga: Huawei luncurkan pusat pengalaman teknologi di Arab Saudi

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023