Jakarta (ANTARA News) - Selebritis Ratna Listy mengaku siap saat ditunjuk untuk menjadi duta lingkungan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

"Ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai manusia untuk menghidupi dan memelihara bumi ini, lingkungannya, agar tetap mampu bertahan dan tetap indah dan sehat," katanya seusai acara International Youth Forum on Climate Change oleh DPP KNPI di Jakarta, Senin.

Ratna Listy menilai, banyak hal yang bisa dikerjakan untuk memelihara bumi dan lingkungannya, menjauhkan dari kerusakan yang lebih parah tanpa harus tergantung terhadap pemerintah.

"Kita bisa memulaianya dari sekarang, tanpa harus menggantungkan diri dengan pemerintah. Kalau kita terus bergantung bisa terlambat, dan kita bisa memulai dari diri sendiri dan saat ini juga," katanya.

Menurut dia, perbaikan lingkungan bisa dimulai dari hal yang sederhana misalnya hemat air, hemat listrik dan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu juga mengurangi penggunaan plastik atau zat-zat lain yang membahayakan bumi.

"Juga bisa dengan mengajarkan kepada anak-anak kita untuk hemat air dan listrik, juga tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Ia pun mengaku siap, sebagai publik figur untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam memerlihara lingkungan. "Saya siap toh bukan sebagai duta pun sebagai manusia kita tetap harus bertanggung jawab terhadap bumi ini," katanya. (M041/S019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011