Kami telah menemukan satu perangkat baru yang bisa merevolusi memori komputer
Jakarta (ANTARA News) - Para peneliti dari Universitas North Carolina telah mengembangkan satu perangkat baru yang menghadirkan kemajuan signifikan pada memori komputer sehingga energi yang dipakai server-server menjadi lebih efisien dan memungkinkan komputer lebih cepat dihidupkan.

Biasanya, ada dua tipe perangkat memori komputer.  Pertama memori lambat, ini digunakan pada teknologi penyimpanan data yang bandel seperti 'flash disk'.  Memori ini membuat kita mampu menyimpan informasi sampai periode waktu yang panjang, dan untuk itu disebut perangkat memori yang stabil.

Yang kedua adalah perangkat memori cepat. Jenis ini memungkinkan komputer Anda beroperasi lebih cepat, namun tidak bisa menyelamatkan data ketika komputer dimatikan. Kebutuhan akan sumber energi yang konstan membuatnya menjadi perangkat labil.

Namun kini satu tim peneliti dari Universitas North Carolina berhasil menciptakan perangkat terintegrasi yang dapat melakukan baik operasi memori yang labil maupun stabil, serta mungkin bisa digunakan dalam memori utama.

"Kami telah menemukan satu perangkat baru yang bisa merevolusi memori komputer," kata Dr. Paul Franzon, profesor teknik elektro dan komputer pada universitas itu dan penyusun makalah yang mengupas hasil riset tersebut, seperti dikutip Science Daily (23/1).

"Perangkat kami ini dinamai 'transistor efek medan gerbang mengapung ganda' (double floating-gate field effect transistor, FET) yang menyimpan beban pada gerbang mengambang yang menandai 1 atau 0 pada perangkat, atau satu bit informasi.

Dengan menggunakan dua gerbang mengapung, perangkat ini bisa menyimpan satu bit pada keadaan stabil dan atau bisa menyimpan satu bit saat keadaan cepat nan labil -- seperti memori utama normal pada komputer Anda," sambung Franzon.

Gerbang mengambang ganda FET bisa memiliki dampak signifikan terhadap sejumlah masalah komputer.

Contohnya, sistem ini dapat membuat 'booting' komputer menjadi jauh lebih cepat, karena komputer tak perlu memamggil data 'start-up' dari 'hard-drive komputer mengingat data bisa disimpan dalam memori utama komputer.

Memori komputer baru ini juga memungkinkan berlangsungnya proses komputasi yang penggunaan energinya proporsional.

Contohnya, server-server besar Web seperti yang digunakan Google itu memakan energi yang luar biasa besar --bahkan ketika pada tingkat penggunaan tingkat terendah sekalipun -- sebagian karena server tidak bisa mematikan daya tanpa mempengaruhi memori utamanya.

"Gerbang mengambang ganda FET akan membantu menangani soal ini" kata Franzon, "Karena data bisa disimpan dengan cepat dalam memori stabil dan kembali dengan amat cepat. Ini akan membuat bagian-bagian memori server bisa dimatikan selama tidak banyak digunakan tanpa mempengaruhi kinerja komputer."

Franzon juga mencatat bahwa tim peneliti telah menelusuri keandalan teknologi ini dan tim berasumsi bahwa memori jenis baru ini "berumur sangat panjang ketika data disimpan dalam status labil."

Makalah berjudul "Computing with Novel Floating-Gate Devices" ini akan dipublikasikan pada 10 Februari dalam majalah 'Computer' yang diterbitkan asosiasi insinyur teknik elektro internasional (IEEE).

Makalah ini disusun oleh Franzon, Daniel Schinke yang adalah mantan mahawasiswa program doktor Universitas North Carolina, Mihir Shiveshwarkar yang merupakan mantan mahasiswa S2 universitas itu, dan Dr. Neil Di Spigna, profesor teknik elektro universitas tersebut.

Penelitian ini dibiayai Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional AS (NSF). (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011