Palembang (ANTARA News) - Sebanyak enam mahasiswa asal Sumatera Selatan yang kuliah di Mesir tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis.

Kedatangan para mahasiswa asal Sumsel yang kembali ke Tanah Air melalui Jakarta itu didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi setempat, Robby Kurniawan.

Mahasiswa Sumsel yang tiba di Palembang itu sebanyak enam orang ditambah dua anak mereka. Keenam mahasiswa itu di antaranya Ermi S, Siti Z, Evariani, Elviana, dan Zainuri.

Sebenarnya untuk pemulangan tahap pertama ada 21 mahasiswa asal Sumsel tetapi sebagian dari mereka telah dijemput keluarganya di Jakarta.

Kedatangan para mahasiswa Sumsel yang menuntut ilmu di Mesir tersebut disambut haru para kerabat yang menjemput mereka.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan mengatakan, pemerintah sudah mengevakuasi masyarakat Indonesia yang berada di Mesir untuk dipulangkan ke daerah masing-masing karena situasi keamanan yang memburuk di negara tersebut.

Di antara masyarakat Indonesia yang berada di Mesir itu, katanya, sebagian ada yang berasal dari Sumatera Selatan yang sedang menuntut ilmu dan harus pulang ke kampung halaman mereka.

"Pemerintah Provinsi Sumsel akan memfasilitasi para mahasiswa tersebut termasuk bila situasi memungkinkan mereka akan berkuliah lagi," ujar dia.

(U005/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011