Mimika (ANTARA) - Atlet Nusa Tenggara Barat Ridwan berjaya dengan meraih medali emas di nomor 1.500 meter putra cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Berlangsung di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua Senin, Ridwan tak terbendung menjadi yang pertama mencapai garis finis dengan torehan waktu 3 menit dan 55,28 detik.

Medali perak direbut atlet Bangka Belitung Robi Sianturi dengan catatan waktu 3 menit 55,49 detik. Sedangkan atlet Gorontalo Moh. Hadrin, Mahdang mengamankan medali perunggu setelah membukukan waktu 3 menit dan 56,36 detik.

Baca juga: Emas lari 1.500 meter putri disabet atlet Sumut Agustina Mardika

Rekor PON nomor 1.500 meter putra masih dipegang Julius Leuwol asal Maluku dengan catatan waktu 3 menit dan 51,93 detik yang ditorehkan pada PON XIII Jakarta tahun 1993.

Ridwan bersyukur atas capaian emas yang ditorehkan kali ini. Dia mengaku bangga bisa memberikan yang terbaik untuk provinsi yang dibelanya.

"Alhamdulillah masih bisa memberikan yang terbaik buat NTB," ucap atlet yang telah tiga kali mengikuti PON tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ridwan turut mengucapkan terima kasih kepada keluarga yang selalu mendukung dirinya selama berlatih mempersiapkan diri untuk PON XX Papua.

Baca juga: Zohri dulang emas kedua dari 200 meter putra PON Papua

"Saya selalu diberi motivasi dan saya juga diluangkan waktu untuk berlatih keras sehingga hari ini bisa menuai hasilnya," kata pria yang mendulang dua medali emas di PON Riau 2012 itu.

Pertandingan PON XX Papua cabang olahraga atletik berlangsung mulai 5 hingga 14 Oktober 2021 di GOR Mimika Sport Complex dan Kompleks Freeport Kuala Kencana.
 
Terdapat 23 nomor perlombaan putra dan putri yang dipertandingkan untuk memperebutkan 46 medali emas, 46 medali perak, dan 46 medali perunggu.

Baca juga: Jadwal atletik PON Papua: Enam medali emas diperebutkan

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021