Bank Indonesia kerahkan seluruh UMKM binaan untuk mendukung Gernas BBI

Bank Indonesia kerahkan seluruh UMKM binaan untuk mendukung Gernas BBI

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang berpartisipasi secara daring di Jakarta, dalam acara Peresmian Gernas BBI, Selasa (12/10/2021). (ANTARA/Agatha Olivia)

Kali ini kami tampilkan produk-produk UMKM binaan yang sudah terkurasi, baik di Samarinda Convention Hall maupun yang ditampilkan secara virtual.
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia mengerahkan seluruh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan bank sentral untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kali ini kami tampilkan produk-produk UMKM binaan yang sudah terkurasi, baik di Samarinda Convention Hall maupun yang ditampilkan secara virtual," tutur Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang berpartisipasi secara daring di Jakarta, dalam acara peresmian Gernas BBI, Selasa.

Selain itu, ia menegaskan telah mempermudah sistem pembayaran UMKM binaan bank sentral yang berpartisipasi dalam Gernas BBI melalui akselerasi digitalisasi QR Code Indonesian Standard (QRIS)​​.

Baca juga: Di Gernas BBI, Gubernur BI sebut 11,4 juta UMKM telah gunakan QRIS

BI sebagai bank sentral terus berusaha menyukseskan Gernas BBI, baik melalui kantor perwakilan di berbagai wilayah Indonesia, kantor pusat, maupun sinergi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"Kami terus mendorong perkembangan produk dan wisata lokal melalui penguatan kelembagaan, pelatihan, dan pendampingan agar UMKM Indonesia naik kelas," ujar Perry.

Dengan berbagai langkah tersebut, ia menilai banyak UMKM Tanah Air yang sudah berhasil naik kelas, baik secara nasional maupun global.

Maka dari itu, Perry pun mengajak seluruh pihak bersama dan bersatu mengkampanyekan Gernas BBI hingga terus berbelanja produk lokal, agar UMKM Indonesia bisa maju dan berkiprah di kancah internasional.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Nadiem ingin Maluku mendunia melalui Gernas BBI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar