Jakarta (ANTARA News) - Arifin Panigoro mendapat dukungan satu suara dan dipastikan masuk dalam bursa bakal calon (Balon) ketua umum PSSI periode 2011-2015 jelang Kongres PSSI pada 19 Maret 2011 di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Masuknya pengusaha Arifin Panigoro itu diketahui setelah PSSI melakukan penelitian ulang dari berkas-berkas dukungan pencalonan Komite Eksekutive (Exco) PSSI yang diberikan oleh pemilik suara.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes di Jakarta, Kamis, mengatakan hal itu semata-mata karena adanya kesalahan input atau penempatan nama bakal calon tersebut.

"Sejak awal seharusnya nama Arifin Panigoro dimasukkan ke dalam kolom balon ketua umum, bukan wakil ketua umum," katanya dikutip dari Humas PSSI.

Dari penelitian ulang yang dilakukan tersebut, nama Arifin Panigoro ternyata memang memperoleh dukungan satu suara dari Pengprov PSSI NTB.

Disamping nama Arifin Panigoro, Pengprov PSSI NTB juga memasukkan nama George Toisutta dalam posisi wakil ketua umum, dan mantan manajer Persija IGK Manila untuk posisi anggota Komite Eksekutif (Exco).

Dengan masuknya Arifin, maka bakal calon untuk Ketum PSSI menjadi empat orang. Tiga lainnya sudah disebutkan pekan lalu yakni Nurdin Halid, George Toisutta, dan Nirwan D Bakrie.

Nugraha juga menjelaskan rekapitulasi dukungan pemberian suara dari pengprov PSSI Jambi, KSB Sumbawa, Persisum Sumbawa dan PS Bungo.

Nugraha Besoes menegaskan dukungan suara dari pengprov PSSI Jambi masing-masing diberikan kepada Nurdin Halid untuk posisi wakil ketua umum, Nirwan Dermawan Bakrie untuk wakil ketua umum, dan Iwan Budianto untuk posisi anggota Exco.

Sementara itu, pemberian suara dari KSB Sumbawa berturut-turut kepada Nurdin Halid, Nirwan Dermawan Bakrie, dan IGK Manila. Dari Persisum Sumbawa, kepada Nirwan Dermawan Bakrie, Ibnu Munzir dan Subardi. Sedangkan dukungan dari PS Bungo diberikan kepada Nurdin Halid, Nirwan Dermawan Bakrie, dan Muhammad Zein.

Kepastian majunya Arifin Panigoro juga disampaikan Sekretaris II Pengprov NTB, Moh Sabron, Kamis siang setelah diterima pihak tim verifikasi PSSI. Menurut Sabron, pihaknya diterima oleh Wahyudi dan Hardi Maksud, sebagai staf tim verifikasi.

"Pada prinsipnya formulir itu tetap otentik, dan pengajuannya juga sesuai pengajuan. Jadi nama Arifin Panigoro yang kami usulkan masuk dan sudah tercatat sebagai bakal calon Ketua Umum seperti tiga nama lainnya," kata Sabron. (T009/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011