-
Jakarta (ANTARA News) - HTC, pembuat smartphone asal Taiwan pada hari Selasa meluncurkan dua smartphone yang memiliki fitur khusus ke jejaring sosial terutama Facebook dan memperkenalkan tablet pertamanya untuk bersaing dalam pasar tablet yang sedang booming.

Pembuat smartphone terbesar kelima di dunia itu juga memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintar Desire, Wildfire dan Incredible.

Semua perangkat baru itu menggunakan sistem operasi Google Android yang telah mengakhiri masa "jaya" " Symbian milik Nokia selama 10 tahun,

"Kami tahu pelanggan punya banyak selera, satu model saja belum tentu sesuai dengan keinginan pengguna," kata Philip Blair, direktur produk HTC Eropa.

Penggunaan Google Android  pada   smartphone HTC  betujuan meningkatkan pangsa pasarnya guna bersaing terhadap rival besar seperti Nokia dan  Samsung Electronics.

Menurut perusahaan riset IDC,   HTC memegang  9 persen  pasar smartphone global pada kuartal Desember.

HTC mengusung tablet model Flyer dengan layar 7-inci dan stylus terpisah untuk pasar ponsel pintar.

HTC memposisikan tabletnya untuk kategori premium, tetapi  siap menjual smartphone jejaring sosial ke berbagai tingkat konsumen dengan harga yang kompetitif.

"Kami berusaha untuk membaur ke pasar anak muda dan semua kalangan. Kami berusaha seagresif mungkin," kata Blair.

HTC berharap mengulangi keberhasilan vendor kecil INQ Mobile, yang sukses membangun bisnis semata-mata fokus pada model ponsel jejaring sosial.

Model smartphone HTC terbaru memiliki fitur khusus untuk Facebook sehingga memudahkan pengguna untuk mengirim informasi ke akun Facebook hanya dengan satu tombol.

Ponsel adalah perangkat terpenting dalam mengakses Facebook, dimana terdapat 250 juta pengguna setiap bulan yang mengakses jejaring sosial itu dengan perangkat mobile.

Keenam perangkat HTC itu menggunakan chipset Qualcomm.
(Adm/A038)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011