-
Jakarta (ANTARA News) - ZTE meluncurkan Skate untuk kelas smartphone murah. Skate memiliki layar 4,3 inci dan menggunakan Android 2.3 di Mobile World Congress pada Senin.

Skate akan menjadi smartphone unggulan ZTE dan akan didistribusikan secara global pada bulan Mei. Ukuran layar yang lebih dari 4 inci membuktikan Skate tidak kalah populer dengan smartphone lainnya di Mobile World Congress, termasuk Samsung Galaxy S II dan LG Electronics Optimus 3D.

Ketika Samsung dan ponsel LG hadir dengan prosesor dual-core 1GHz, ZTE malah mengusung prosesor 800MHz agar tetap membuat harganya murah. Bobotnya 120 gram, membuat Skate sama dengan perangkat Samsung lainnya.

Spesifikasi lainnya Skate tidak jauh berbeda dengan standar smartphone saat ini, misalnya  kamera 5 megapiksel, A-GPS (Assisted-GPS) dan akses Internet menggunakan HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) 7.2M bps.

Apa yang harus diingat dari Skate adalah ZTE tidak mengumumkan harga sebelum operator mem-bundling-nya.

Pada Mobile World Congress, ZTE pada kuartal ketiga berencana untuk meluncurkan tablet berbasis Android 3.0. Android 3.0 adalah sistem operasi Google Android terbaru untuk tablet. Tablet ZTE itu memiliki layar 10,1 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel.

Sebelumnya, pada kuartal kedua ZTE akan mulai mendistribusikan tablet yang dapat mengakses internet dengan teknologi WiMax atau LTE (Long-Term Evolution).

Operator kini meluncurkan jaringan LTE yang menggunakan berbagai frekuensi yang berbeda-beda. Di atas ZTE, ada Verizon Wireless di Amerika Serikat dengan band 700MHz dan 2.6GHz band di Skandinavia.
(ANT/A038)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011