Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan pemerintah hingga saat ini masih menggodok soal pajak film nasional maupun impor.

"Pemerintah masih menggodok, belum ada keputusan final," kata Menbudpar Jero Wacik kepada wartawan di Gedung Sapta Pesona Kemenbudpar, Jakarta, Minggu malam.

Jero Wacik mengatakan aturan terkait film nasional pada dasarnya pihaknya hanya tinggal menunggu keputusan dari para pemangku kepentingan.

"Jika Presiden memutuskan pajak nol persen, dan surat keputusan sudah keluar maka saya akan menindaklanjuti dengan surat edaran," katanya.

Menurutnya membuat keputusan mengenai film nasional lebih mudah dibanding dengan film impor.

"Untuk film impor saya akan mengumpulkan para importir film dalam waktu dekat untuk membahas mengenai hal ini," katanya.

Dalam pertemuan itu, pemerintah dan importir film akan duduk bersama membahas mengenai jalan keluar terbaik.

"Saya akan mendengarkan apa permintaan dari mereka, apakah pajak disamakan dengan yang sekarang, atau dikurangi, atau di nol kan," katanya.

Dia melanjutkan, kalaupun importir membuat permintaan maka pemerintah juga akan mengajukan beberapa persyaratan.

"Teknisnya bagaimana akan kita lihat setelah pertemuan, kira-kira dalam dua atau tiga hari kedepan akan saya kumpulkan para importir untuk duduk bersama," katanya.

Menteri menambahkan, pemerintah akan mengambil langkah dan keputusan terbaik khususnya bagi bangsa Indonesia.

"Kita ingin keputusan yang terbaik, pemerintah tidak ingin menghentikan masuknya film asing, tapi pemerintah juga ingin industri film dalam negeri bangkit," katanya.(*)

(T.H016/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011