Madrid (ANTARA News) - Pelatih Real Madrid Jose Mourinho mengatakan pada Rabu bahwa dia tidak berniat memberi tekanan terhadap pemain tengah internasionalnya dari Brazil Kaka untuk segera kembali pada performa terbaiknya setelah pulih dari cedera yang dialaminya.

"Kaka sudah tidak bermain dalam enam bulan terakhir, tetapi dalam kenyataannya istirahatnya itu lebih lama karena dia sudah tidak dalam performa optimalnya selama satu setengah tahun," kata Mourinho dalam sebuah jumpa pers setelah latihan pagi tim Real Madrid, demikian AFP melaporkan.

"Dia merupakan pemain yang mengandalkan talenta dan kecepatannya, dan cedera itu membuat semua itu menjadi tidak mudah bagi dia. Saya tidak mengharapkannya menjadi Pemain Terbaik atau menjadi seorang juara sebagaimana yang pernah dia raih begitu dia pulih lagi," kata Mourinho menambahkan.

Pemain Brazil berumur 28 tahun itu harus menjalani operasi pada lutut sebelah kirinya pada 5 Agustus dan baru bisa kembali berlatih pada Desember.

"Dia sedang mengalami proses kebangkitan alami dan kami harus terus mendukungnya. Dia adalah seorang pribadi yang fantastis dan seorang pemain yang hebat. Kami harus sabar dan membiarkannya bekerja tanpa tekanan, danb saya tidak berniat memberi tekanan padanya," kata Mourinho.

Mourinho telah mendaftarkan 20 pemain dalam timnya untuk bertanding melawan Malaga di Barnebeu dalam pertandingan Kamis mendatang.

Pemain tengah Sergio Canales telah kembali dari cedera keseleo pergelangan kaki, sementara pemain sayap Pedro Leon juga telah bisa dimainkan.

Tetapi pemain Portugis Pepe tidak bisa diturunkan karena menderita flu sehingga dia harus masuk daftar pemain cedera bersama pemain bertahan dari Argentina Ezequiel Garay, pemain tengah Jerman Sami Khedira dan pemain depan Argentina Gonzalo Higuain.

"Kami harus menang dari Malaga nanti dan mengambil semua resiko yang harus dihadapi. Malaga adalah tim yang bagus, apalagi mereka memiliki pemain-pemain yang berpengalaman dan pelatih yang baik," kata Mourinho.

"Saya sangat yakin mereka tidak akan terkena degradasi tahun ini. Sementara kami tetap harus berhati-hati sebab meskipun kami berhasil memenangi semua pertandingan kandang musim ini, hal itu tidak berarti bahwa kami akan menang lagi pada Kamis nanti," ujar Mourinho mewanti-wanti. (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011