Jakpro raih ESG Award 2021 karena terapkan visi berkelanjutan

Jakpro raih ESG Award 2021 karena terapkan visi berkelanjutan

Salah satu bangunan "wajah baru" Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat, direvitalisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau PT Jakpro. ANTARA/HO-PT Jakpro

Melalui prestasi ini, Jakpro sejajar dengan perusahaan emiten
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro meraih penghargaan Environmental, Social, & Governance (ESG) Awards 2021 pada kategori khusus ESG Pioneers in Urban Sustainability Reporting dengan komitmen rating CC karena konsisten menerapkan visi berkelanjutan.

Direktur Keuangan Jakpro Yuliantina Wangsawiguna mengatakan Jakpro sebagai salah satu perusahaan dengan fitur "agent of development" sekaligus "agent of commercial" memiliki peran yang sentral dalam menjalankan visi keberlanjutan (sustainable).

"Karena itu, Jakpro fokus pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) untuk menyelaraskan visi keberlanjutan perusahaan guna mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membangun Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman untuk dihuni sehingga warganya maju dan bahagia," demikian disampaikan Yuliantina dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis.

Yuliantina juga menyebut penghargaan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen Jakpro terhadap penerapan aspek ESG di perusahaan.

"Melalui prestasi ini, Jakpro sejajar dengan perusahaan emiten. Jakpro menjadi satu satunya BUMD non-bank dengan predikat 'commitment CC'," ujarnya.

Baca juga: Jakpro: pembukaan proyek TIM ke publik bentuk keterbukaan informasi

Dia mengatakan tahun ini Jakpro menerbitkan "Sustainability Report" (SR) yang komprehensif  untuk mengukur dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan, berlandaskan empat pilar strategi keberlanjutan perusahaan, mencakup: meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tata kelola dan kebijakan yang adaptif, memperkuat ekonomi, dan ketahanan lingkungan.

Terbitnya SR ini, kata Yuli, juga selaras dengan Program LOCALISE SDGs, dalam meningkatkan tata kelola dan pengembangan kebijakan pembangunan yang lebih efektif, serta mempromosikan pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan melalui pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Implementasinya yang sudah dilaksanakan untuk mewujudkan Jakarta sebagai "livable city", menurut Yuli, proyek dan pembangunan infrastruktur yang dikerjakan Jakpro seperti Jakarta International Stadium, Jakarta International Velodrome, LRT Jakarta, dan pembangunan berbagai fasilitas lainya yang kesemuanya berdampak kepada kesejahteraan dan kebahagiaan warga DKI.

Untuk tahun ini, Yuli mengungkapkan, melalui pengukuran dampak dari tiga proyek Jakpro, secara garis besar dapat disampaikan bahwa: kehadiran LRT Jakarta mengurangi kemacetan dengan 88 persen peningkatan kecepatan perjalanan rata- rata kendaraan di sekitar LRT sebelum dan setelah penyediaan LRT.

Sementara itu, kehadiran Jakarta International Velodrome (JIV) mampu meningkatkan peluang pengembangan komunitas dengan adanya 58 komunitas baru yang berkumpul di area JIV pada tahun 2020.

Baca juga: Jakpro bolehkan lapangan latih JIS digunakan pihak mana pun

Sedangkan, untuk proyek yang sedang dikerjakan Jakpro yakni Jakarta International Stadium (JIS) diprediksi bisa meningkatkan manfaat ekonomi bagi bisnis dan masyarakat sekitar 23 persen peningkatan nilai properti sekitar karena pengembangan properti JIS.

"Terima kasih kepada seluruh panitia ESG Awards 2021 serta terimakasih atas penghargaan khusus sebagai “ESG Pioneers in Urban Sustainability Reporting” yang kami terima hari ini. Semoga prestasi ini memberikan inspirasi dan semangat bagi kami untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik untuk kota Jakarta," tambahnya.

Ke depan, Yuli mengatakan, Jakpro akan terus menyelaraskan aspek ESG ke dalam strategi
bisnis perusahaan, dengan terus berkaca pada standar internasional untuk mewujudkan visi perusahaan menjadi perusahaan milik daerah yang mendukung "livable city" dan berkelanjutan di Kota Jakarta.

ESG Awards 2021 diadakan oleh Berita Satu Media Holdings sebagai official media partner bekerjasama dengan Bumi Global karbon foundation (BGKF).

Penilaiannya dengan metodologi yaitu 33 faktor ESG berdasarkan faktor pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses "assurance" oleh Tuv Rheinland.

Baca juga: Pembangunan JIS bawa misi kesejahteraan bagi warga Jakarta

Penjurian dilakukan oleh pihak independen dengan peserta seluruhnya perusahaan emiten atau yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jakpro-PJAA jalin interkoneksi area Taman Impian Jaya Ancol dan JIS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar