Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan akan mengalihkan jumlah impor gas alam cair-nya ke Jepang untuk membantu negara tetangga yang tengah dilanda bencana alam itu guna menangani kekurangan energi, sumber resmi Seoul mengatakan, Senin.

"Kami akan mengalihkan kembali sebagian dari impor LNG dari negara-negara ke tiga sampai akhir Maret hingga April ke Jepang," pejabat pada Kementerian Ekonomi mengatakan pada AFP.

Beberapa operator kelistrikan Jepang Sabtu meminta bantuan Seoul dengan pasokan gas-nya, memprediksikan pihaknya akan melakukan lebih dari sebulan untuk Tokyo guna menutupi kekurangan yang disebabkan kerusakan pembangkit tenaga nuklir utama, sumber resmi itu menyebutkan.

Korea Selatan, merupakan pembeli LNG terbesar ke dua dunia, telah menjamin hampir 98 persen dari estimasi kebutuhan LNG tahun ini melalui kontrak jangka panjang dan menengah, kata kementerian tersebut.

Jepang telah mengumumkan program pengurangan pembangkit listrik yang direncanakan mulai Senin setelah gempa besar dan tsunami melanda timurlaut negara itu, merusak pusat pembangkit tenaga listrik di kawasan tersebut.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011