Manado (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres), Boediono, mengatakan bahwa perlu kerja sama regional untuk menangani bencana mengingat semakin seringnya bencana alam yang terjadi di berbagai belahan dunia terutama di kawasan Asia Pasifik.

"Kita belum lupa tsunami di Samudera Hindia yang menelan korban ratusan ribu jiwa di Indonesia, India, Srilangka dan Thailand sehari menjelang Natal 2004. Kini terjadi lagi bencana besar yang melanda Jepang," ujarnya  pada acara "ASEAN Regional Forum (ARF) Disaster Relief Exercise 2011" di Manado, Selasa.

Oleh karena itu, Wapres menilai, hal itu menegaskan kembali betapa pentingnya jalinan kerja sama regional dan manajemen penanganan bencana, apalagi semua anggota ARF terletak di kawasan rawan bencana letusan gunung api (ring of fire), gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor.

Wapres mengemukakan pula, bencana alam semakin sering melanda dalam beberapa tahun terakhir. Begitu pula intensitasnya yang semakin tinggi, sehingga upaya penanganan bencana menjadi tantangan besar.

Hal ini sudah menjadi masalah bersama menuntut perhatian dari masyarakat internasional, kata Wapres Boediono.

Untuk itu, menurut Wapres, langkah latihan bersama dalam penanggulangan bencana regional ARF Direx merupakan respons yang baik untuk meningkatkan koordinasi dan manajemen antar instansi hingga antarkawasan.

"Kita harus menjalin kerja sama yang lebih erat dan terpadu dalam penanganan bencana. Target kita adalah kemampuan dalam merespons bencana secara tepat," kata Wapres.
(L.M041*U002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011