counter

West Ham Keluar Zona Degradasi Setelah Tahan Spurs

West Ham Keluar Zona Degradasi Setelah Tahan Spurs

London (ANTARA News) - Kiper West Ham Robert Green berhasil melakukan serangkaian penyelamatan gemilang yang mampu menyelamatkan West Ham dari kebobolan dalam pertandingan yang berakhir dengan kedudukan 0-0 melawan rival sekota mereka Tottenham Hotspurs di White Hart Lane, Sabtu.

Gempuran Spurs yang dilakukan bahkan sampai menit-menit terakhir masih mampu dimentahkan oleh penjaga gawang West Ham itu, tercatat dia dengan cekatan menepis bola tendangan bebas Gareth Bale sehingga hanya membentur tiang gawang, demikian AFP melaporkan.

Penampilan gemilang penjaga gawang Inggris itu memastikan tim asuhan Avram Grant mendapat satu poin berharga yang membawa mereka keluar dari zona degradasi.

Pelatih Spurs Harry Redknapp meyakini sebenarnya mereka layak untuk mendapat hasil yang lebih baik dengan mengatakan, "Saya benar-benar senang dengan cara kami bermain, banyak sekali kesempatan yang berhasil kami ciptakan, cuma saja kami belum dapat mengkonversinya menjadi gol."

"Begitulah pertandingan, West Ham berhasil bertahan dengan baik dan bola-bola kami sepertinya selalu menghantam tiang gawang, memang kadang-kadang kita perlu sedikit "mujur" di depan gawang," kata Redknap.

Spurs sebelumnya mendapat berita yang berat ketika hasil pengundian Liga Champion menunjukkan bahwa mereka mesti bertemu lawan sekelas Real Madrid dalam babak perempat final liga paling bergengsi itu.

Meski mereka berusaha untuk fokus dalam pertarungan antar sesama klub kota London itu namun setiap upaya Spurs seolah-olah membentur tembok, sehingga target mendekatkan jarak tiga poin dari Chelsea dalam perebutan empat besar klub Liga Inggris menjadi mentah.

Selain itu, rivalitas Tottenhan dan West Ham juga tercatat sangat dalam mengakar, yang kemudian semakin meruncing menyusul merebaknya persaingan kedua tim untuk menguasai Stadion Olimpiade kota London.

Tottenham dan West Ham bersama-sama mengincar stadion di Stratford itu dan saling bersaing dalam mengajukan tender untuk stadion itu , dan akhirnya West Ham-lah yang menjadi pemenangnya.

West Ham bertandang ke White Hart Lane dengan modal performa terbaik mereka musim ini.

Sebelumnya mereka telah menang atas Liverpool dan Stoke di kancah Liga Inggris dan oleh karena itu memperbaiki kemungkinan mereka untuk menjauhi zona degradasi.

Meskipun demikian, mereka terpaksa harus kehilangan penyerang mereka Frederic Piquionne yang mengalami cedera dalam pertandingan itu, sementara Robbie Keane juga tidak dapat dimainkan karena menjadi bagian dari suatu persetujuan pinjam meminjam pemain antara kedua tim.

Tembakan ke arah gawang pertama yang dilancarkan Spur dilakukan secara tak terduga oleh bek Michael Dawson yang melancarkan tendangan dari pinggir kotak penalti.

Jermain Defoe kemudian memperoleh kesempatan pertamanya ketika dia mencoba membelokkan umpan silang Bale pada menit ke-tujuh, namun sayang bola melenceng dari tiang gawang.

Luka Modric dan Rafael van der Vaart juga masing-masing memperoleh kesempatan emas yang sayangnya gagal memecah kebuntuan Tottenham.

West Ham juga memiliki beberapa kesempatan untuk mencetak gol, peluang terbaik diperoleh oleh Carlton Cole, yang kemudian disia-siakan oleh pemain penyerang asal Inggris itu karena tendangannya yang tinggal berhadapan dengan kiper berhasil digagalkan oleh sang kiper Heurelho Gomes.

Defoe juga seharusnya dapat membuat Spurs memimpin pada menit ke 40, hasil kreasi Aaron Lennon yang melepaskan tendangan yang berhasil diblok oleh kiper namun bola muntahan yang jatuh ke kaki Defoe gagal dimanfaatkannya dengan baik.

Pada babak kedua Cole juga memperoleh kesempatan lagi untuk West Ham, di lain pihak tendangan Defoe juga berhasil digagalkan oleh Green yang berhasil menyelamatkan bola dengan tungkai kakinya.

Sewaktu Tottenham terus membuang-buang kesempatan mereka, West Ham mulai menunjukkan rasa percaya diri mereka dimana Mark Noble yang bermain impresif malam itu juga hampir berhasil mencetak gol pada menit ke-56 dengan sebuah sundulan keras yang melebar ke luar gawang.

Demba Ba adalah pemain berikutnya yang mencoba peruntungannya dengan sebuah tendangan di pinggir kotak penalti yang berhasil dimentahkan oleh Gomes.

Kedua belah pihak terus melancarkan permainan menyerang dan masing-masing hampir berhasil mencetak gol pertama, selain itu mereka juga mengadakan beberapa kali pergantian pemain dalam rangka memecah kebuntuan.

Adalah tendangan pemain pengganti Tottenham, Roman Pavlyuchenko, yang nampaknya paling mengancam malam itu sehingga harus memaksa Green berjibaku melakukan penyelamatan sampai dua kali.

Green kemudian berhasil mementahkan bola hasil tendangan Bale, sehingga sampai akhir pertandingan tidak satupun gol tercipta dan membuat West Ham berhasil memperoleh satu poin berharga untuk membuat mereka menjauh dari zona degradasi. (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar