Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael (14) yang melaju dari posisi start ke-13 maju ke putaran final tetapi mengalami tabrakan beruntun dengan beberapa pebalap yang mengikuti babak final Kejuaraan Karting Trofeo Andrea Margutti (Italia Terbuka) yang berlangsung di Sirkuit Internasional Laghi di Kota Castelletto, sekitar 55 km dari Milan, Italia, Minggu.

Atlet muda itu berhasil masuk pada babak pra-final dan final pada kejuaraan yang diikuti ratusan pebalap dari berbagai negara Eropa itu, merupakan balapan ketiga yang diikuti Maret ini dari rencana 18 balapan yang akan dilahapnya untuk musim 2011.

Jeffrey JP dari Tim Sean GP dalam siaran pers Senin menyebutkan, benturan yang dialami Sean Minggu, menyebabkan casis kendaraannya rusak berat dan ia tidak dapat melanjutkan perlombaan.

"Pada Minggu pagi cuaca mendung berawan habis hujan malam hari dan Sean melakukan uji coba karburator selama 10 menit sekaligus untuk menjajaki lintasan yang masih basah," kata Jeffrey.

Tapi pada pukul 12.30 siang cuaca sangat cerah dan dilakukan lomba pra-final sebanyak 15 lap dan Sean Gelael berhasil menempatkan di posisi ke-13 setelah start dari urutan ke-21 dengan waktu tercepat 0:48,540 pada lap ke-13.

Posisi ke-13 itu, kata Jeffrey, merupakan posisi grid Sean dalam melaksanakan perlombaan di putaran final.

"Sangat disayangkan Sean terjebak pada kemelut di tikungan pertama sesaat setelah tanda start diberikan. Ia terlibat dengan beberapa pegokart yang saling bersinggungan dan berbenturan di tikungan awal mengakibatkan kerusakan pada casis gokartnya serta tidak dapat melanjutkan perlombaan final," kata Jeffrey.

Pemenang dari Kejuaraan Group KF2 ini adalah Valente Alain dari Swiss dengan waktu tempuh per putaran tercepat adalah 0:48,381.

Event itu merupakan Kejuaraan Italia Terbuka bergengsi di kawasan negara yang terkenal dengan pasta dan spaghetti itu dan diikuti 47 peserta di kelas KF2 yang berdatangan dari Finlandia, Cheznya, Denmark, Portugal, Kanada, Belgia, Rusia, Singapura, Indonesia, Malaysia, Polandia, Belanda, Ceko dan Italia.

Latihan untuk penyesuaian atau pemilihan casis dan mesin dari dua unit gokart, dilakukan sejak Rabu 16 Maret (75 lap) dan Kamis (70 lap) dengan cuaca hujan dan licin serta dilanjutkan Jumat dengan latihan resmi dibagi atas empat sesi dengan total 48 lap dalam cuaca cerah.

Setelah mengakhiri sesi keempat, maka tim memutuskan JP Guignet , pebalap kedua tim Sean GP untuk tidak berpartisipasi dalam event ini.

Pada Sabtu 29 Maret 2011, cuaca sangat cerah, dilaksanakan latihan pengambilan waktu (timing practice) untuk menentukan posisi grup, dimana Sean Gelael menempati urutan 29 (dari 47 peserta) dan berada di Grup B.

Pada Grup B (16 peserta), juara Asia dan nasional itu berada pada urutan grid ke-10 dan dilakukan "heat eliminasi" Grup A (16 peserta) sejauh 15 km, dimana hasil yang dicapai oleh Sean adalah berada pada posisi ke-14 dengan catatan waktu tercepat : 0:49,236

Pada "eliminasi heat" dengan Grup C (15 peserta) sejauh 15 km, Sean berada pada posisi ke-18 dengan waktu tercepat adalah : 0:49,353 dan dengan hasil pada dua eliminasi itu maka Sean berhasil masuk ke babak pre-final dan final pada Minggu.
(*)





Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011