Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memprediksikan bakal terjadi kemacetan lalu lintas dari Pulo Gebang menuju Kampung Melayu pada saat pembangunan Koridor XI (Kampung Melayu-Pulo Gebang) busway Transjakarta.

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benhard Hutajulu di Jakarta, Selasa mengatakan Dinas Pekerjaan Umum DKI bakal melakukan perbaikan kapasitas jalan untuk jalur busway koridor XI secara paralel kanan kiri yaitu pada jalan Jl Pondok Kopi, Jl Raden Inten II - Jl DR Radjiman Widyodiningrat - Jl Pahlawan Revolusi-Jl Bekasi Raya, Jl Cipinang Jaya, dan JL Cipinang Baru Raya.

Oleh karena itu, Dishub menyiapkan jalur alternatif selama pembangunan koridor busway tersebut yaitu di ruas selatan melalui Pondokkopi - Jl Jenderal RS Soekanto - Jl Kolonel Soegiono - Jl Basuki Rachmat - Kampungmelayu. Sedangkan untuk sisi utara jalur alternatif yang disediakan, Jl Jatinegara - Jl Cipinang Baru Utara - Jl Cipinang Baru Timur - Jl Persahabatan Utara.

Bernard mengatakan pihaknya juga akan menertibkan dan menata parkir serta menertibakan pedagang kaki lima di jalan pada ruas Jalan Bekasi Barat yaitu di seberang Stasiun Jatinegara dan di Jatinegara Timur yaitu sekitar Pasar Jatinegara.

Sedangkan Kepala Seksi Perencanaan Bidang Jalan Dinas PU DKI, Yudi Febriandi mengatakan pelaksanaan pembangunan jalur busway koridor XI dan kelengkapannya pada Juli - Desember 2011.

Pembangunan dilakukan setelah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui acara diskusi di Hotel Grand Menteng pada Selasa ini (29/3) dan pelaksanaan studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI pada April - Juli 2011.

Yudi mengatakan koridor XI busway akan mempunyai panjang rute 20,5 kilometer yang terbagi sepanjang 12 kilometer rute Kampung Melayu - Pulo Gebang dan 11,5 kilometer rute sebaliknya.

Koridor XI akan dibangun 19 halte di antaranya halte Walikota Jakarta Timur, Klinik, Teratai Putih, Stasiun Buaran, Bioskop Buaran, PPP, Buaran I, Kampung Sumur, PMI, Mall Klender, SMU 12, Pom Bensin, Taman Cipinang, Migrasi, Pasar Enjo, Fly Over Jatinegara, Stasiun Jatinegara, RS Mitra, Kampung Melayu.

Yudi mengatakan Pemprov tetap menargetkan dapat mengoperasionalkan busway Koridor XI ini pada 2011.

"Kita inginkan busway Koridor XI bisa dioperasikan pada 11-11-2011," katanya.

Sedangkan untuk koridor XII (Tanjungpriok-Pluit) akan dibangun pada 2012, dan koridor XII-XV dibangun pada tahun berikutnya dan direncanakan membutuhkan jalan layang khusus busway (dedicated elevated lane).

Sampai saat ini, BLU Transjakarta telah mengoperasikan 10 koridor bus Transjakarta yaitu koridor I (Blok M-Kota), Koridor II (Pulogadung-Harmoni), koridor III (Harmoni-Kalideres), koridor IV (Pulogadung-Dukuhatas), koridor V (Kampungmelayu-Ancol), koridor VI (Ragunan-Latuharhari), dan koridor VII (Kampungrambutan-Kampungmelayu).

Pada 2009, dioperasikan Koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni) dan koridor IX (Pinangranti-Pluit), serta koridor X (Cililitan-Tanjungpriok) yang dioperasikan pada 2010.(*)

(T.N006/A033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011