Makassar (ANTARA News) - Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, mengatakan bahwa kawasan Asia Timur menjadi pasar ekspor yang potensial bagi Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Kerja sama ASEAN dengan negara-negara di kawasan Asia Timur dapat menciptakan iklim ekonomi yang sangat menjanjikan," ungkapnya di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Timur saat ini sudah mencapai 1,5 triliun US dollar, yang berasal dari kerja sama dengan ASEAN.

Menurut dia, peningkatan kerja sama dengan ASEAN ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut sebesar dua kali lipat dalam dua tahun ke depan.

"Dengan jumlah penduduk di kawasan Asia Timur sebanyak tiga miliar, merupakan potensi yang sangat besar untuk dapat meningkatkan kerja sama ekspor dengan ASEAN," tuturnya.

Berkaitan dengan produk yang dapat bersaing di pasar kawasan Asia Timur, ia mengatakan bahwa terdapat beberapa produk unggulan, seperti hasil pertanian, tambang, elektronik, dan otomotif.

Selain Asia Timur, kawasan lain yang potensial sebagai pasar ekspor ASEAN adalah Amerika, dengan produk-produk unggulan yang sama. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011